Ilustrasi/Bsulife
Relationship

5 Hal Seputar Perusahaan Perlu Diketahui Sebelum Wawancara Kerja

Andhina Wulandari
Senin, 16 Maret 2015 - 14:59
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA- Salah satu tips penting saat akan menjalani wawancara kerja adalah Anda harus melakukan riset terlebih dahulu seputar perusahaan yang dilamar. Jangan sampai Anda sudah di depan pewawancara, tapi tidak tahu apa pun tentang perusahaan.

Berikut ini adalah lima hal yang perlu Anda ketahui seputar perusahaan sebelum menjalani wawancara kerja.

1. Sejarah umum perusahaan

Mulailah dari sejarah umum perusahaan, seperti bagaimana perusahaan itu berdiri, siapa pemiliknya, alasan perusahaan itu didirikan, dan lain sebagainya. Informasi ini akan memberikan Anda gambaran tentang motivasi perusahaan dan arah yang akan dituju oleh perusahaan tersebut.

2. Penghargaan dan pemberitaan

Perusahaan sangat suka mempromosikan hal positif, jadi pemberitaan di media massa dan penghargaan yang pernah mereka raih akan sangat mudah ditemukan. Lakukan riset untuk mengetahui apa yang membuat perusahaan merasa bangga tentang pencapaian mereka. Cari tahu juga apa inti dari nilai perusahaan, apakah mereka fokus pada bisnis atau rutin melakukan kegiatan sosial.

3. Budaya perusahaan

Kadang sulit untuk melihat secara langsung budaya perusahaan. Tapi Anda bisa melihatnya lewat situs resmi perusahaan atau ketika Anda diwawancara, jangan sampai lupa melihat suasana lingkungan kantor.

4. Siapa yang akan mewawancarai Anda

Ketika Anda akan diwawancarai oleh calon atasan, maka Anda harus mengetahui namanya, jabatannya di kantor, atau bila mungkin email dan nomor teleponnya. Jangan sampai salah menyebutkan nama begitu Anda akan diwawancara kerja olehnya.

5. Apa yang dilakukan perusahaan

Anda mungkin sudah mengetahui nama perusahaan tempat Anda melamar, tapi apakah Anda sudah mengetahui produk atau jasa yang mereka tawarkan. Cari tahu selengkap-lengkapnya, mulai dari anak perusahaan yang dimiliki hingga kompetitor perusahaan. (Bisnis.com)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Sumber : Wisebread
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro