Travel

Separuh Bagian Kapal Titanic Dipamerkan di Museum AS

Dini Hariyanti
Selasa, 7 April 2015 - 06:28
Bagikan

Bisnis.com, MISSOURI—Separuh badan kapal Ttanic kini terparkir apik nan artistik di Branson, Missouri, Amerika Serikat.

Jangan keliru, yang bertengger di Branson itu bukanlah bangkai kapal RMS Titanic yang tenggelam pada 1912. Potongan separuh tubuh kapal saksi cerita cinta Jake dan Rose yang dimaksud merupakan replika yang sengaja dibuat sebagai museum.

Museum di Branson tersebut mengambil wujud asli setengah bodi depan kapal Titanic. Bukan sekadar memajang replika kapal pesiar termewah pada eranya, tetapi juga menyematkan sejumlah eksterior dan interior yang betul-betul menyerupai RMS Titanic tatkala sedang berlayar.

Bagian bawah museum tersebut dibuat kolam air tak seberapa besar dengan ilusi riak ombak yang terpecah moncong kapal. Sisi sampingnya dibuatkan repelika gunung es yang tertabrak kapal. Ini sengaja dibuat untuk mengesankan wujud asli kapal Titanic.

Replika gunung es yang menyebabkan Titanic tenggelam itu menjadi pintu masuk museum. Dari sini pengunjung dibawa memasuki kapal pesiar mewah milik White Star Line. Interior museum juga dibuat sedemikian rupa seperti kondisi asli.

Terdapat repelika tangga legendaris Grand Staircase tempat Jake (Leonardo De Caprio) menjemput Rose (Kate Winslet) untuk jamuan makan malam. Selain itu ada juga Dinning Hall serta kabin First Class dan Third Class. Dan tentunya pengunjung dapat saksikan sekitar 400 artifak peninggalan kapal pesiar yang karam ini di 20 ruangan berbeda.

Pengelola museum juga memamerkan perihal lain yang bisa bersifat interaktif dengan pengunjung. Sebut saja gunung es yang bisa disentuh, seseorang yang berkostum sebagai kapten kapal, hingga ruang telegram tempat seseorang mengirim pesan SOS sebelum Titanic tenggelam.

Sebelum memasuki museum, pengunjung harus beli tiket. Pada setiap tiket tertera nama sesuai nama asli penumpang Titanic. Pemegang tiket takkan pernah tau apakah nama tersebut termasuk sebagian kecil penumpang yang selamat atau bukan kecuali dia mengikuti tur museum sampai tuntas.

Cara tahunya? 2.208 nama penumpang Titanic dipajang pada Memorial Wall khusus dilengkapi dengan kisah masing-masing. Di sanalah tertera keterangan siapa saja yang berhasil selamat dan yang tewas pada 102 tahun silam.

Usai menuntaskan perjalanan di dalam Titanic, pengunjung bisa membeli cinderamata dan pernak-pernik lain di sana. Terdapat toko souvenir khusus yang menjual berbagai benda unik khas RMS Titanic.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Dini Hariyanti
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro