Pesawat luar angkasa milik SpaceX meluncur dari Pangkalan Udara Cape Canaveral di Florida, AS./Bloomberg
Travel

Liburan Mewah Kalangan Berduit dan Risikonya

Redaksi
Minggu, 20 Agustus 2023 - 07:30
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Wisata unik dan langka memiliki sensasi bagi kalangan berduit. Tidak heran mereka rela mengeluarkan uang miliaran rupiah untuk merasakan sensasi menikmati wisata mewah itu.

Sebut saja wisata luar angkasa oleh SpaceX hingga melihat bangkai Titanic yang ditawarkan OceanGate. Karena harganya yang fantatis, membuat para turis yang bisa menikmatinya pun terbatas.

Tur ke bangkai kapal Titanic oleh OcenGate dibanderol sekitar Rp3,7 miliar. Selanjutnya, perusahaan tur luar angkasa yang dipimpin Richard Branson, Virgin Galactic, menawarkan harga tiket termahal hampir Rp7 miliar. Dengan merogoh kocek sebanyak itu, para turis bisa terbang ke pinggiran luar angkasa untuk melihat Bumi dan sekitarnya.

Dilansir dari The Economic Times, perusahaan Blue Origin dan SpaceX, melayani individu kaya yang bersedia membayar sejumlah besar uang untuk merasakan pengalaman kecepatan roket supersonik dan gaya berat mikro.

Sebagai informasi, meski tarif tinggi, Virgin Galactic telah dipesan sekitar 800 pelanggan dengan harga tiket mulai dari US$250.000 atau sekitar Rp3,8 miliar hingga US$450.000 atau sekitar Rp6,8 miliar per kursi.

Namun, tidak semua wisata mahal tersebut berjalan lancar sesuai harapan penumpangnya. Contohnya, meledaknya kapal selam wisata milik OceanGate, Titan, pada 18 Juni 2023 di Samudera Atlantik. Kecelakaan ini menyebabkan empat orang kaya, termasuk pemilik wisata tersebut dan satu instruktur meninggal.

Hingga kini belum terungkap penyebab kapal Titan meledak. Tapi, David Lochridge, mantan Direktur Operasi Kelautan OceanGate, mengatakan dalam gugatan tahun 2018 bahwa pengujian dan sertifikasi perusahaan tidak memadai dan menjadikan penumpang berpotensi bahaya.

Dia menganjurkan untuk pengujian pemindaian ultrasonik, tetapi perusahaan menolak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman:
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Penulis : Redaksi
Editor : Nancy Junita
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro