Ilustrasi/Wisepreneur
Relationship

3 Rahasia Sukses Saat Melakukan Presentasi

Andhina Wulandari
Kamis, 9 April 2015 - 14:38
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA- Dalam melakukan presentasi, baik saat bekerja maupun ketika kuliah, ada tiga hal penting yang perlu Anda ketahui agar presentasi berjalan lancar.

Pengetahuan

Untuk dapat memberikan presentasi yang baik, maka Anda harus mempunyai pengetahuan yang mendalam mengenai apa yang hendak Anda presentasikan. Pelajari lagi dan lagi isi dari presentasi Anda sebelum melakukannya di depan banyak orang.

Percaya diri

Pupuk rasa percaya diri Anda terutama saat sedang berada di depan orang banyak. Jika berbicara di depan umum merupakan kelemahan Anda, maka berlatihlah. Coba dulu bicara di depan kaca, kemudian coba melakukan presentasi di depan orang yang Anda kenal, misalnya teman atau keluarga. Kemudian minta mereka untuk memberi masukan dan kritik pada Anda.

Komunikasi

Bagaimana cara Anda memberi presentasi sama pentingnya dengan apa yang Anda presentasikan. Maka dari itu, perhatikan nada bicara, gerakan tubuh, atau alat peraga yang membantu presentasi Anda. Orang punya kecenderungan untuk merasa bosan saat presentasi, karena itu ajak mereka berpartisipasi agar presentasi tidak terkesan monoton. Bisa juga memasukkan bumbu-bumbu lelucon, agar presentasi tidak terasan membosankan. (Bisnis.com)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Sumber : Magforwomen
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro