Reza Rahadian sebagai Tjokroaminoto dalam film Guru Bangsa Tjokroaminoto/Youtube
Entertainment

FILM WEEKEND: Menyelami Sejarah Lewat Film Guru Bangsa Tjokroaminoto

Andhina Wulandari
Jumat, 10 April 2015 - 12:58
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA- Untuk akhir pekan ini, layar bioskop tampak diramaikan oleh film lokal, salah satunya film Guru Bangsa Tjokroaminoto.

Film ini mengangkat perjalanan hidup Oemar Said Tjokroaminoto (Reza Rahadian) pada masa penjajahan Belanda. Setelah lepas dari era tanam paksa di akhir tahun 1800, Indonesia memasuki babak baru yang berpengaruh pada kehidupan masyarakatnya.

Namun kemiskinan masih banyak terjadi dan rakyat pun masih banyak yang belum mengenyam pendidikan. Kesenjangan sosial antar etnis dan kasta sangat jelas terlihat.

Tjokroaminoto sebenarnya lahir dari kaum bangsawan. Tapi dia berani meninggalkan status kebangsawanannya itu dan bekerja sebagai kuli pelabuhan untuk merasakan penderitaan rakyat jelata.

Dia kemudian membangun organisasi Sarekat Islam, organisasi resmi bumiputera pertama yang terbesar. Bahkan anggotanya mencapai 2 juta orang.

Tjokroaminoto yang pandai ini memiliki banyak keahlian. Dia dikenal jago silat, ahli mesin, penulis surat kabar yang kritis, dan seorang orator yang ulung. Perjuangannya lewat Sarekat Islam pun mulai menyadarkan masyarakat untuk mengangkat harkat dan martabat secara bersamaan.

Rumah Tjokroaminoto di Gang Peneleh, Surabaya, juga terkenal sebagai tempat bertemunya tokoh-tokoh bangsa Indonesia. Di tempat ini pula, Bapak Proklamator Indonesia dan Presiden Pertama RI Soekarno menjadi murid Tjokroaminoto.

Film berlatar belakang sejarah ini dikemas apik oleh sutradara Garin Nugroho. Tak hanya menawarkan cerita sejarah, karena film ini pun ingin memupuk kembali nasionalisme penonton Indonesia.

Selain Reza Rahadian, film ini juga dibintangi Deva Mahenra sebagai Soekarno muda dan Ibnu Jamil sebagai Haji Agus Salim, rekan seperjuangan Tjokroaminoto.

Film Guru Bangsa Tjokroaminoto ini sudah bisa Anda saksikan di jaringan bioskop 21 Cineplex dan Cinemaxx. (Bisnis.com)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Sumber : Berbagai sumber
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro