The Jungle Book (2016)/Disney
Entertainment

Kisah Mowgli Hadir dalam Versi Film Live-Action, The Jungle Book

Duwi Setiya Ariyanti
Jumat, 8 April 2016 - 11:07
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Film Jungle Book membawa kisah dongeng klasik karya Rudyard Kipling ke level lebih tinggi lewat film live-action berpadu dengan animasi komputer canggih.

Film produksi Disney yang disutradarai Jon Favreau ini memutar kembali kisah Mowgli (Neel Sethi), seorang anak yatim yang tertinggal dan tumbuh di hutan. Jauh di antara kedekatan Mowgli dengan Bagheera si macan kumbang (Ben Kingsley), terdapat Shere Khan (Idris Elba) yang memburunya. Bagheera pun menitipkan Mowgli kepada kawanan serigala yang dipimpin Akela (Giancarlo Esposito).

Di tengah kawanan, Raksha si serigala betina (Lupita Nyong'O) telah menganggapnya sebagai anaknya sendiri. Turut menjadi bagian kawanan serigala membuat Mowgli harus bisa berlaku seperti serigala. Mowgli tak diperkenankan menggunakan trik yang bisa mempermudah segala kegiatannya.

Sampai saat musim kering datang dan semua binatang datang ke pinggir sungai. Saat itulah, Mowgli menarik perhatian para hewan karena berjalan dengan dua kaki dan minum menggunakan cawan. Ketika hewan lain keheranan, Shere Khan muncul dan mengendus bau anak manusia.

Shere Khan mulai mengawasi pergerakan kawanan serigala karena dia tak akan membiarkan Mowgli hidup dan mengancam serigala. Hingga akhirnya, serigala berseteru. Mengetahui hal itu, Mowgli memutuskan pergi meninggalkan hutan.

Sebenarnya jauh dalam pikiran, Mowgli menginginkan untuk tetap tinggal di hutan. Namun, Bagheera tetap menyarankan agar Mowgli tinggal bersama kawanan manusia. Dalam perjalanan, Mowgli pun belajar memahami masing-masing kawanan. Seperti harus memahami kelompok gajah yang membantu membuat aliran sungai dengan gadingnya. Caranya, menunduk ketika kawanan gajah melintas.

Dalam perjalanan, Mowgli pun bertemu dengan si ular Kaa (Scarlett Johanson) yang menceritakan mengapa Shere Khan menginginkan Mowgli terbunuh. Mowgli, yang merupakan anak manusia berada di urutan pertama rantai makanan. Dengan akalnya, Mowgli dianggap berbahaya saat tumbuh dewasa karena bisa menciptakan bunga merah (api) yang berpotensi menghancurkan ekosistem mereka.

Cerita Kaa tanpa sadar melilit tubuh Mowgli. Untungnya, beruang madu Baloo (Bill Muray) datang dan menyelamatkannya. Baloo pun lantas menampung Mowgli untuk sementara alih-alih memanfaatkan kebisaannya guna mengumpulkan makanan.

Raja monyet Louie dan Shere Khan kini merebutkan Mowgli setelah Akela tewas. Apakah Mowgli tetap tinggal di hutan?

Cerita Jungle Book kali ini ditunjang dengan gambar yang tajam lengkap dengan efek visual yang mumpuni. Alhasil, gambaran kehidupan di hutan jadi lebih hidup. Isu keseimbangan ekosistem dan lingkungan menjadi pesan utama yang dominan.

Manusia sebagai posisi tertinggi dalam rantai makanan sangat ditakuti hewan di hutan. Kendati Mowgli masih kecil, para hewan tetap waspada terhadap keberlangsungan hidup mereka.

Bagian yang paling menarik adalah cerita Kaa ketika seluruh hewan ketakutan akibat bunga api yang dibawa manusia. Sisi yang menyentuh, ketika Mowgli membantu gajah kecil yang terperosok. Pasalnya, tak ada yang sedekat itu dengan kawanan gajah dan Mowgli baru saja menunjukkan kekuatannya melalui hal yang positif. Dari saat itulah, para hewan menerima keberadaan Mowgli diterima meskipun harus menggeser posisi Shere Khan di hutan.

Film Jungle Book ini pun sudah bisa Anda saksikan di berbagai jaringan bioskop di Indonesia mulai pekan ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro