Ilustrasi/thechoiceperspective
Relationship

4 Hal Buruk Disebabkan Kebiasaan Mengumpat di Media Sosial

Andhina Wulandari
Kamis, 23 April 2015 - 09:15
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA- Media sosial memang sering digunakan sebagai tempat mencurahkan hati. Anda bebas menulis apa saja dan berpendapat mengenai banyak hal.

Tak jarang Anda sering meluapkan keluhan dan mengumpat dengan kata-kata kasar di media sosial. Sayangnya, kebiasaan tersebut bisa memberikan pengaruh buruk pada Anda, berikut di antaranya.

1. Anda dikenal sebagai pribadi yang kasar

Dalam kehidupan sehari-hari Anda dikenal sebagai orang yang menyenangkan, namun ternyata di media sosial Anda suka mengumpat dengan kata kasar. Pada akhirnya, orang yang mengenal Anda pun jadi segan untuk mendekati Anda, karena khawatir Anda hanya baik di depan dan punya kebiasaan menjelek-jelekkan di belakang.

2. Karir Anda bisa terancam

Hati-hati jika Anda mengumpat seputar hal-hal yang terjadi di lingkungan kantor, karena karir Anda bisa terancam. Meskipun Anda tidak berteman dengan atasan di media sosial, tetap saja bisa ada orang lain yang melihatnya. Jadi untuk amannya, lebih baik hindari mengumpat tentang hal yang berkaitan dengan pekerjaan.

3. Jadi bahan omongan

Gara-gara kebiasaan Anda mengumpat di media sosial, bukan tidak mungkin Anda jadi bahan omongan orang-orang yang mengenal Anda. Pada akhirnya Anda pun jadi bahan gosip tak sedap. Orang lain akan berspekulasi tentang pribadi Anda tanpa mau mengenal Anda lebih jauh.

4. Anda permalukan diri sendiri

Saat Anda mengumpat, misalnya kepada orang lain, pada kenyataannya Anda tidak akan mempermalukan orang tersebut, tapi malah mempermalukan diri sendiri. Rahasia Anda pun terkuak di depan umum dan cara Anda mengatasinya akan dinilai buruk oleh orang lain. Sebaiknya simpan masalah pribadi untuk diri sendiri ketimbang mengumbarnya di depan umum. (Bisnis.com)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro