Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

4 Hal Buruk Disebabkan Kebiasaan Mengumpat di Media Sosial

Media sosial memang sering digunakan sebagai tempat mencurahkan hati. Tapi hati-hati jika Anda terbiasa mengumpat di media sosial.
Andhina Wulandari
Andhina Wulandari - Bisnis.com 23 April 2015  |  09:15 WIB
Ilustrasi - thechoiceperspective
Ilustrasi - thechoiceperspective

Bisnis.com, JAKARTA- Media sosial memang sering digunakan sebagai tempat mencurahkan hati. Anda bebas menulis apa saja dan berpendapat mengenai banyak hal.

Tak jarang Anda sering meluapkan keluhan dan mengumpat dengan kata-kata kasar di media sosial. Sayangnya, kebiasaan tersebut bisa memberikan pengaruh buruk pada Anda, berikut di antaranya.

1. Anda dikenal sebagai pribadi yang kasar

Dalam kehidupan sehari-hari Anda dikenal sebagai orang yang menyenangkan, namun ternyata di media sosial Anda suka mengumpat dengan kata kasar. Pada akhirnya, orang yang mengenal Anda pun jadi segan untuk mendekati Anda, karena khawatir Anda hanya baik di depan dan punya kebiasaan menjelek-jelekkan di belakang.

2. Karir Anda bisa terancam

Hati-hati jika Anda mengumpat seputar hal-hal yang terjadi di lingkungan kantor, karena karir Anda bisa terancam. Meskipun Anda tidak berteman dengan atasan di media sosial, tetap saja bisa ada orang lain yang melihatnya. Jadi untuk amannya, lebih baik hindari mengumpat tentang hal yang berkaitan dengan pekerjaan.

3. Jadi bahan omongan

Gara-gara kebiasaan Anda mengumpat di media sosial, bukan tidak mungkin Anda jadi bahan omongan orang-orang yang mengenal Anda. Pada akhirnya Anda pun jadi bahan gosip tak sedap. Orang lain akan berspekulasi tentang pribadi Anda tanpa mau mengenal Anda lebih jauh.

4. Anda permalukan diri sendiri

Saat Anda mengumpat, misalnya kepada orang lain, pada kenyataannya Anda tidak akan mempermalukan orang tersebut, tapi malah mempermalukan diri sendiri. Rahasia Anda pun terkuak di depan umum dan cara Anda mengatasinya akan dinilai buruk oleh orang lain. Sebaiknya simpan masalah pribadi untuk diri sendiri ketimbang mengumbarnya di depan umum. (Bisnis.com)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

inspirasi tips gaya hidup
Editor : Andhina Wulandari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top