Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Pengobatan Wasir yang Aman untuk Ibu Hamil

JAKARTA -- Wasir adalah penyakit yang awam dan umum diderita olehbanyak masyarakat Indonesia. Termasuk wanita hamil juga rentan mengalami wasir.
Reni Efita
Reni Efita - Bisnis.com 06 Mei 2015  |  18:01 WIB
/thejoyofpregnancy.com
/thejoyofpregnancy.com

Bisnis.com, JAKARTA -- Wanita hamil rentan mengalami wasir. Hal ini kurang baik dan bisa menghalangi proses kelahiran. Untuk itu, ibu hamil harus lebih ekstra menjaga asupan gizi, termasuk pola aktivitas yang dilakukan.

Ambeien atau wasir pada ibu hamil memang sangat mengganggu aktivitas. Bukan itu saja, ada banyak kekhawatiran secara psikologis yang akan timbul kalau ibu hamil harus melahirkan normal, kata Maharani Shinta Dewi, Direktur Pelayanan Rumah Wasir.

Semua ibu hamil, katanya, pasti ingin melahirkan bayinya secara normal. Hanya saja, penyakit wasir bisa menjadi hal mengkhawatirkan bagi sebagian ibu hamil dalam proses persalinan normal, karena proses mengejan saat persalinan membuat wasir semakin parah.

"Memang tidak ada bahaya berarti dalam hal jalannya bayi keluar. Namun, wasir memerah bisa menimbulkan penyakit berkelanjutan pasca -melahirkan. Wasir pada ibu hamil memang harus diatasi sejak mengandung. Ini akan lebih baik agar proses melahirkan lancar. Pilihan pengobatan juga tidak sembarangan karena harus aman bagi ibu dan janin,"  kata dokter spesialis bedah Panondang dari  Rumah Wasir.

Saat terkena wasir, katanya, wanita mengandung tidak dianjurkan melakukan pengobatan pasca-melahirkan. Justru penanganan wasir harus sejak janin.

Saat ini, Rumah Wasir mengenalkan metode Biological Electrical Impedance Auto-Measurement (BEIM) untuk mengatasi wasir bagi ibu hamil. Dengan metode ini, katanya, wasir saat hamil bisa terangkat tanpa ada efek samping terhadap janin. Rumah Wasir itu menyiapkan pengobatan wasir tuntas hanya 15 menit, tanpa jahitan, dan ibu hamil bisa langsung beraktivitas.

Dalam metode tersebut dilakukan proses pengangkatan wasir. Obat yang diberikan bukan dosis tinggi, sehingga tak membahayakan pertumbuhan janin. Sebelum melakukan pengobatan, ibu hamil harus berkonsultasi dengan dokter kebidanan dan kandungan,  serta dokter spesialis yang menangani wasir.

 

 

 
 
 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

wasir
Editor : Nancy Junita
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top