Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Sulit Batasi Anak Remaja Gunakan Gadget? Ini Caranya

Saat anak beranjak remaja, penggunaan gadget sulit terkontrol. Bagaimana caranya efektif membatasi penggunaan gadget atau perangkat elektronik?
Duwi Setiya Ariyanti
Duwi Setiya Ariyanti - Bisnis.com 08 Mei 2015  |  18:30 WIB
Ilustrasi - Sheknows
Ilustrasi - Sheknows

Bisnis.com, JAKARTA- Saat anak beranjak remaja, penggunaan gadget sulit terkontrol. Bagaimana caranya efektif membatasi penggunaan gadget atau perangkat elektronik?

Psikolog Anak dan Remaja dari Lembaga Psikologi Terapan Universitas Indonesia Vera Itabiliana mengatakan melarang remaja tak akan sama caranya dengan melarang anak balita. Saat anak terlalu tergantung dengan kecanggihan teknologi, sebagai orang tua memang harus tetap memantau.

"Terlanjur membiarkan menggunakan teknologi canggih mau enggak mau harus melarang, kan. Nah, enggak semudah itu lagi," ujarnya di Jakarta, belum lama ini.

Untuk melarang seorang remaja, orangtua, tuturnya, perlu berupaya lebih. Pasalnya, jika tidak didasarkan alasan yang kuat dan cara yang benar, anak tak akan bisa memahami maksud pembatasan penggunaan gadget. Caranya, dengan menjelaskan alasan kuat dasar pembatasan penggunaan gadget.

"Jelaskan kenapa, alasannya harus jelas kenapa penggunaan gadget dibatasi. Yang penting jelas kenapa, jadi enggak bisa main larang," jelasnya.

Tak hanya dari isi pesan yang akan disampaikan, orangtua, tambahnya, perlu memperhatikan cara menyampaikan pesannya. Nada tinggi dan cenderung menyerang pun tak akan berhasil.

Menurut Vera, cara yang lebih efektif adalah dengan menggunakan 'I message' dan memposisikan sebagai teman dekat si anak.

"Sampaikan dengan 'I message'. Kalau 'You message' yang menyerang, mereka (remaja) enggak mau (mengikuti)," katanya.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

parenting
Editor : Andhina Wulandari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper
To top