Relationship

ILO Luncurkan Video Untuk PRT

Atiqa Hanum
Jumat, 12 Juni 2015 - 00:11
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA—Organisasi Perburuhan Internasional (ILO) bekerja sama dengan Yayasan Kampung Halaman (YKH) meluncurkan serangkaian video diaries dan photo stories bertajuk “Teman Remaja Teman Setara: Sembilan Cerita Persahabatan Kami dan Pekerja Rumah Tangga” pada Jumat, 12 Juni 2015 di Epincentrum XXI Jakarta.

Michiko Miyamoto, Pejabat Pelaksana ILO di Indonesia mengungkapkan acara ini bertujuan untuk mengurangi pekerja rumah tangga anak (PRTA) dengan membangun kapasitas kelembagaan mitra untuk mempromosikan Pekerjaan Layak bagi PRT secara efektif. Proyek berupaya meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan keahlian dalam mengurangi PRTA dan mempromosikan pekerjaan layak bagi PRT. 

“Kami ingin kampanye mempromosikan pekerjaan layak untuk PRT dan penghapusan anak dalam pekerjaan rumah tangga anak, yang diluncurkan sejalan dengan peringatan Hari Dunia menentang Pekerja Anak dan Hari PRT Internasional yang jatuh pada 12 Juni dan 16 Juni,” ucapnya dalam siaran pers, Kamis (11/6/2015).

Dia menambahkan menurut data ILO memperkirakan ada sekitar 2,6 juta PRT di Indonesia; dengan 400 ribu di antaranya adalah anak-anak berusia di bawah 18 tahun. Pekerja rumah tangga (PRT) mewakili kelompok pekerja perempuan terbesar yang bekerja di dalam rumah tangga baik di negara mereka sendiri maupun di luar negeri. Meski PRT memiliki peran penting, pekerjaan rumah tangga masih belum diakui sebagai sebuah pekerjaan.

“Karena dilakukan di dalam rumah tangga, yang tidak dianggap sebagai sebagai tempat kerja di banyak negara, hubungan kerja mereka tidak diakui di dalam peraturan ketenagakerjaan nasional atau peraturan lainnya. Akibatnya, mereka pun tidak dapat mengenyam perlindungan kerja selaiknya pekerja lainnya,” terangnya.

Michiko mengatakan video-video ini diproduksi oleh 25 remaja usia 12-17 tahun, yang terpilih dari ratusan remaja, di Jakarta dan Makassar, memperlihatkan peran PRT dalam kehidupan mereka,  interaksi keseharian dengan PRT dan kehidupan PRT dari sudut pandang anak remaja mereka.

Mempergunakan kata-kata dan pilihan gambar mereka sendiri, video-video ini mendokumentasikan keseharian, perjuangan, perjalanan dan harapan PRT. Video-video ini terdiri dari empat video diaries dan lima photo stories dengan durasi keseluruhan 90 menit. 

Bekerja sama dengan Cinema XXI, paparnya, empat hari kemudian akan dilakukan di Makassar pada 16 Juni di Panakukkang XXI.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Atiqa Hanum
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro