/Ilustrasi
Health

Penting! Kenalkan Buah dan Sayur pada Anak Sejak Dini

Reni Efita
Senin, 15 Juni 2015 - 17:22
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Anak-anak sejak usia 6 bulan perlu dikenalkan makan pendamping ASI berupa sayur dan buah, karena berpengaruh pada perilaku konsumsi sayur dan buah hingga usia dewasa.

Begitulah salah satu kesimpulan diskusi Nutritalk yang diselenggarakan oleh Sarihusada di Restoran Bebek Bengil, Senin (15/6/2015).

Kecukupan asupan sayur dan buah sejak dini dapat memberikan manfaat kesehatan pencernaan yang memadai untuk anak demi meningkatkan daya serap terhadap nutrisi dan fungsi kekebalan tuhuh terhadap berbagai penyakit di masa yang akan datang.

Semua anak, kata guru besar di Departemen Ilmu Kesehatan Anak FKUI RSCM, Prof. Agus Firmansyah, tidak suka sayur dan buah, sehingga perlu dilatih

Orang tua, katanya, perlu mengenalkan makanan sayur dan buah sejak anak usia 6 bulan.

Tahap pengenalan, katanya, dapat dilakukan secara bertahap dengan mengawali mengenalkan satu-satu macam buah dan jangan dicampurkan beberapa macam buah. Misalnya, pisang dikenalkan selama 1 minggu, setelah itu dikenalkan buah yang lain. Tingkat kepekatan dan jumlah buah dan sayur secara bertahap dalam porsi seimbang, supaya anak dapat menyesuaikannya.

"Usia 6-12 bulan merupakan waktu transisi untuk mengenalkan makanan semi padat. Setelah usia 12 bulan, anak sudah makan padat," kata Guru Besar Agus.

Setelah pemberian ASI eksklusif sampai usia 6 bulan, anak perlu diperkenalkan kepada makanan pendamping ASI dalam beragam tekstur, tampilan dan rasa untuk memenuhi jenis dan jumlah nutrisi yang lengkap seiring dengan pertambahan usia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Reni Efita
Editor : Fatkhul Maskur
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro