Radang sendi/Istimewa
Health

Cegah Nyeri Sendi di Usia Muda, Ini Tips yang Harus Dilakukan

Redaksi
Sabtu, 18 Mei 2024 - 10:00
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Nyeri sendi menjadi masalah kesehatan yang seringkali dialami kalangan lanjut usia. Namun, saat ini tidak sedikit orang dengan usia muda juga turut merasakan kondisi serupa, akibat menjalani gaya hidup tidak sehat.

Sendi merupakan bagian tubuh yang menghubungkan dua tulang. Apabila sendi mengalami masalah bisa memicu peradangan, cedera, patah tulang, gangguan suplai darah, dan proses degeneratif.

Dilansir dari buzzrx.com dan hindustantimes.com, Sabtu (18/5/2024) gejala nyeri sendi cukup beragam mulai dari kemerahan, rasa hangat, bengkak, nyeri, dan kaku. 

Adapun, penyebab paling umum nyeri sendi terjadi yaitu akibat osteoarthritis. Selain itu, orang yang mengidap bursitis dan asam urat juga memiliki risiko tinggi mengalami nyeri sendi pada usia muda.

Tips Mencegah Nyeri Sendi

1. Menjaga berat badan

Kelebihan berat badan dapat memberikan tekanan ekstra pada sendi, terutama bagian lutut. Tekanan ini menyebabkan pelepasan pro-inflamasi dari jaringan sendi, sehingga dapat menimbulkan efek nyeri dibeberapa bagian tubuh.  

Studi penelitian menemukan, penurunan berat badan dapat membantu mencegah timbulnya radang sendi, memperbaiki gejala, menghilangkan rasa sakit, dan menghasilkan kualitas hidup yang lebih baik.

Karena itu, mulai sekarang Anda harus lebih memperhatikan asupan makanan dan aktivitas fisik yang dijalani agar berat badan tetap stabil. Selain itu, memiliki kualitas tidur yang cukup dapat membantu dalam upaya penurunan berat badan.

2. Mengonsumsi asam lemak omega 3

Asam lemak omega 3 merupakan lemak tidak jenuh yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan. Melalui sifat anti inflamasinya, lemak ini dapat membantu melawan peradangan, sehingga bisa mengurangi dan mencegah nyeri sendi.

Berikut Makanan yang Mengandung Asam Lemak Omega 3

- Ikan berlemak seperti makarel, salmon, dan sarden

- Kacang-kacangan seperti kenari, almond, dan hazelnut

- Telur

- Edamame

- Kacang merah

- Rumput laut

- Alpukat

Selain mengonsumsi makanan kaya asam lemak omega 3, mempertimbangkan pola makan sehat dengan mengurangi konsumsi gula dan lemak jenuh, juga dapat membantu mencegah nyeri sendi.

Berikut Makanan Rendah Gula dan Lemak

- Ceri

- Stroberi

- Bluberi

- Kangkung

- Bayam

- Minyak zaitun

- Teh hijau

Halaman:
  1. 1
  2. 2
Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro