Ilustrasi/Sheknows
Health

Penyakit Gusi Bisa Picu Penyakit Jantung, Stroke, & Diabetes

Tisyrin Naufalty Tsani
Minggu, 9 Agustus 2015 - 16:48
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA--Kesehatan gigi dan mulut sangat penting untuk diperhatikan, karena jika sampai terjadi penyakit pada gusi, seseorang beresiko terkena penyakit jantung, stroke, hingga diabetes.

Bagaimana prosesnya? Guru Besar dari Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Trisakti Melanie S. Djamil menjelaskan jika penyakit gusi dibiarkan, maka bakteri akan masuk dan menumpuk kemudian mengalir di sistem peredaran darah. Gusi yang bermasalah memiliki tanda-tanda antara lain bengkak dan dapat mengeluarkan darah.

“Bakteri banyak yang ikut ke dalam aliran darah dan masuk ke sistem tubuh yang vital,” katanya kepada Bisnis.

Bakteri yang mengalir dalam darah itu akan memicu perubahan dan mempengaruhi terjadinya gangguan misalnya penyempitan pembuluh darah kemudian terjadi penyakit jantung. Sementara bakteri dari mulut yang mengalir ke pembuluh darah di otak akan mempengaruhi terjadinya penyumbatan yang menyebabkan stroke.

Bakteri juga dapat mengalir lewat pembuluh darah ke pankreas, kumpulan bakteri akan membuat insulin yang dihasilkan pankreas terblokir tidak dapat keluar,  sehingga terjadilah penyakit diabetes.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Rustam Agus
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro