Buku A Brief History of Indonesia/Bisnis.com-Duwi Setiya Ariyanti
Fashion

Tim Hannigan Terbitkan Buku Sejarah Indonesia dengan Gaya Bercerita

Duwi Setiya Ariyanti
Jumat, 21 Agustus 2015 - 11:45
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA- Tim Hannigan, penulis sejarah asal Inggris, menerbitkan buku tentang sejarah Indonesia dengan gaya bercerita yang merupakan buku keduanya.

Setelah sukses menceritakan bagaimana Raffles dan Bangsa Inggris menjajah Indonesia, Tim kembali mengeluarkan hasil tulisannya. Meski gaya tulisannya sengaja bercerita, semua hal yang dituliskan merupakan fakta. Buku berjudul A Brief History of Indonesia ini berisi tentang Indonesia di masa prasejarah hingga era 2015.

"Semua yang ada adalah fakta. Tapi sengaja saya buat dengan gaya bercerita," ujarnya dalam jumpa pers di Periplus, Plaza Indonesia, Kamis (20/8/2015).

Lebih lanjut, dia menganggap Indonesia memiliki sisi sejarah menarik. Oleh karena itu, sebagai penulis sejarah dia mengaku tak keberatan untuk meluangkan waktu mencari sumber-sumber terpercaya.

Proses tersulit dalam prosesnya adalah untuk memastikan semua yang ditulisnya. Dua tahun merupakan waktu yang diperlukannya untuk menuliskan dan membuat beberapa perbaikan.

Padahal, 10 tahun dihabiskan untuk 'berbelanja' bahan-bahan yang akan dituangkannya ke dalam buku. Dengan demikian, dia juga mencicil membuat ceritanya melalui bagian-bagian yang terpisah. Selain itu, sebuah karakter juga diangkat untuk memudahkannya bercerita.

"Satu tahun untuk menulis dan satu tahun lagi untuk merevisi. Padahal, jauh di belakangnya ada 10 tahun yang habiskan untuk membaca," katanya.

Adapun, bukunya yang berjudul Raffles and The British Invasion of Java akan diterbitkan ke dalam versi Bahasa Indonesia. Tujuannya, agar bisa dinikmati oleh banyak orang, khususnya oleh pelajar yang selama ini tak bisa memahami sejarah hanya karena penyajiannya yang kurang menarik. Versi Bahasa Indonesia ini baru terbit di tahun depan.

"Tahun depan buku Raffles diterjemahkan ke Bahasa Indonesia," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro