Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Tim Hannigan Terbitkan Buku Sejarah Indonesia dengan Gaya Bercerita

Tim Hannigan, penulis sejarah asal Inggris, menerbitkan buku tentang sejarah Indonesia dengan gaya bercerita yang merupakan buku keduanya.
Duwi Setiya Ariyanti
Duwi Setiya Ariyanti - Bisnis.com 21 Agustus 2015  |  11:45 WIB
Buku A Brief History of Indonesia - Bisnis.com/Duwi Setiya Ariyanti
Buku A Brief History of Indonesia - Bisnis.com/Duwi Setiya Ariyanti

Bisnis.com, JAKARTA- Tim Hannigan, penulis sejarah asal Inggris, menerbitkan buku tentang sejarah Indonesia dengan gaya bercerita yang merupakan buku keduanya.

Setelah sukses menceritakan bagaimana Raffles dan Bangsa Inggris menjajah Indonesia, Tim kembali mengeluarkan hasil tulisannya. Meski gaya tulisannya sengaja bercerita, semua hal yang dituliskan merupakan fakta. Buku berjudul A Brief History of Indonesia ini berisi tentang Indonesia di masa prasejarah hingga era 2015.

"Semua yang ada adalah fakta. Tapi sengaja saya buat dengan gaya bercerita," ujarnya dalam jumpa pers di Periplus, Plaza Indonesia, Kamis (20/8/2015).

Lebih lanjut, dia menganggap Indonesia memiliki sisi sejarah menarik. Oleh karena itu, sebagai penulis sejarah dia mengaku tak keberatan untuk meluangkan waktu mencari sumber-sumber terpercaya.

Proses tersulit dalam prosesnya adalah untuk memastikan semua yang ditulisnya. Dua tahun merupakan waktu yang diperlukannya untuk menuliskan dan membuat beberapa perbaikan.

Padahal, 10 tahun dihabiskan untuk 'berbelanja' bahan-bahan yang akan dituangkannya ke dalam buku. Dengan demikian, dia juga mencicil membuat ceritanya melalui bagian-bagian yang terpisah. Selain itu, sebuah karakter juga diangkat untuk memudahkannya bercerita.

"Satu tahun untuk menulis dan satu tahun lagi untuk merevisi. Padahal, jauh di belakangnya ada 10 tahun yang habiskan untuk membaca," katanya.

Adapun, bukunya yang berjudul Raffles and The British Invasion of Java akan diterbitkan ke dalam versi Bahasa Indonesia. Tujuannya, agar bisa dinikmati oleh banyak orang, khususnya oleh pelajar yang selama ini tak bisa memahami sejarah hanya karena penyajiannya yang kurang menarik. Versi Bahasa Indonesia ini baru terbit di tahun depan.

"Tahun depan buku Raffles diterjemahkan ke Bahasa Indonesia," katanya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

buku
Editor : Andhina Wulandari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top