Adipati Dolken/Antara
Entertainment

Film Jenderal Soedirman: Adipati Dolken Digembleng Kopassus

Newswire
Selasa, 25 Agustus 2015 - 09:05
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA-- Aktor muda Adipati Dolken merasa tersanjung dipercaya memerankan tokoh sebesar Jenderal Soedirman di film terbarunya.

Demi mendalami peran, dia rela melakukan apa pun, termasuk latihan militer.

Adipati mengungkapkan, sebelum syuting dia harus rela digembleng oleh Kopassus selama delapan hari di Situ Lembang. Tunjuannya agar dia sanggup menahan suhu dingin di bawah 10 derajat.

"Latihannya semi militer, tapi tetap aja berat. Coba banyangin, gue harus nyebur ke air malem-malem," ujar Adipati usai pemutaran perdana film Jendral Soedirman garapan sutradara Viva Westi di XXI Epicentrum, Jakarta, Senin (25/8/2015).

Selain itu, pemilik nama asli Adipati Koesmadji ini juga harus mengobservasi karakter Soedirman. Bagian tersulit, katanya, adalah suara Soedirman, karena Adipati tidak bisa menemukan suara asli Soedirman dari rekaman mana pun.

"Akhirnya gue nanya-nanya sama anaknya, Pak Teguh, seperti apa suara dan karakter Soedirman. Katanya agak berat. Ya, sebisa mungkin gue coba perankan," ujar pria kelahiran Bandung, 19 Agustus 1991 itu.

Karena film ini menceritakan gerilya yang dilakukan Soedriman saat masa Revolusi Nasional Indonesia, Adipati banyak menempuh medan yang sulit. Bahkan di satu adegan, Adipati harus masuk ke sungai yang dingin.

Meskipun begitu, Adipati mengaku puas dengan perannya di film ini. Pengalamannya di film ini banyak memberinya pelajaran, terutama lebih mengenal sosok Soedirman dan lebih menghargai sejarah.

"Film ini packaging-nya luar biasa. Ini film sejarah yang nggak mendikte. Gue pengin film ini ditonton anak muda," ucap aktor yang mulai tenar lewat opera sabun Kepompong itu.

Adapun ini film biopic ketiga Adipati. Sebelumnya dia pernah memerankan Harun dalam film Sang Kiai (2013) dan Bimbim dalam film Slank The Movies: Nggak Ada Matinya (2013).

Dalam film Jenderal Soedirman, Adipati beradu akting dengan Ibnu Jamil (Kapten Nolly), Baim Wong (Soekarno), Nugie (Hatta), dan Mathias Muchus (Tan Malaka). Film ini akan ditayangkan di seluruh bioskop Indonesia pada 27 Agustus 2015.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Sumber : Tempo.co
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro