Festival Boalemo/kemenkopmk.go.id
Travel

FESTIVAL BOALEMO 2015: 100 Apartemen Ikan Dibangun

Newswire
Rabu, 9 September 2015 - 09:30
Bagikan

Bisnis.com, GORONTALO-- Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Gorontalo membangun 100 apartemen ikan (fish apartement) di Pantai Bolihutuo yang menjadi lokasi puncak kegiatan Festival Boalemo.

Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan, Sutrisno, mengatakan apartemen tersebut dibangun di 20 titik yang berada sekitar 100 meter dari bibir pantai, dimana setiap titik memiliki lima unit apartemen yang saling berdekatan.

Pembangunan apartemen ikan terlebih dulu harus dirakit di darat, kemudian disusun oleh para penyelam di dalam laut dengan kedalaman 15 hingga 20 meter.

Setiap unit apartemen terbuat dari partisi berbahan plastik yang terdiri dari banyak bilik. Peletakan di dasar laut membutuhkan pemberat yang terbuat dari bahan semen dan pasir, agar tidak mudah tesapu arus.

"Apartemen ikan adalah salah satu solusi untuk melestarikan maupun memulihkan sumber daya ikan, terutama di kawasan yang kurang memiliki terumbu karang atau terumbunya sendiri sudah rusak," ujarnya di Gorontalo, Rabu.

Dikatakan, kehidupan ekosistem laut saling berkaitan sehingga salah satu aspek tidak bisa diabaikan karena akan mengancam kelestariannya.

"Jika terumbu karang rusak, ikan akan berkurang atau bahkan pindah tempat. Terumbu tidak hanya menjadi tempat ikan bermain namun juga sebagai tempat pemijahan dan simbiosis mutualisme bagi banyak spesies," jelasnya.

Pantai Bolihutup, kata dia, menjadi lokasi pembuatan apartemen tersebut agar habitat ikan di kawasan wisata semakin banyak.

Pembuatan apartemen dilakukan oleh para penyelam gabungan dinas perikanan, Polda Gorontalo, dan Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia (POSSI).

Setelah itu, lanjutnya, pihaknya akan menebar benih ikan kerapu di seluruh apartemen tersebut pada puncak Festival Boalemo 10 September 2015.

Wakil Presiden Jusuf Kalla dan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti akan menghadiri festival yang menjadi rangkaian dari Sail Tomini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Sumber : Antara
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro