Ilustrasi/blogkesehatan.net
Health

Ini Manfaat Yoga di Air

Tisyrin Naufalty Tsani
Jumat, 27 November 2015 - 23:04
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA-- Yoga umumnya dilakukan di atas lantai. Namun belakangan, beberapa instruktur yoga di Indonesia mulai memperkenalkan aqua yoga atau yoga di air. Aqua yoga rupanya punya banyak manfaat layaknya yoga di atas lantai.

Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga sekaligus Managing Director PT Indonesia Sports Venture A. Andi Kurniawan mengatakan manfaat olahraga yoga yang dilakukan di air sangat banyak walaupun belum terlalu banyak penelitian tentang olahraga yoga di dalam air.

Manfaat olahraga yoga termasuk yang dilakukan di air yaitu meningkatkan fleksibilitas tubuh, meningkatkan kekuatan otot tubuh, menurunkan stress dalam tubuh, membakar kalori sehingga dapat menurunkan berat-badan, dan ada pula unsur latihan keseimbangan sehingga bagus untuk mencegah jatuh.

“Pada dasarnya, yoga di dalam air akan terasa lebih ringan saat dilakukan dibandingkan dengan floor yoga,” katanya kepada Bisnis.

Hal tersebut karena adanya efek dari non weight bearing exercise atau latihan atau gerakan yang dapat Anda lakukan tanpa disangga oleh berat badan Anda sendiri.

Melakukan yoga dalam air memerlukan teknik khusus yang harus terlebih dahulu dipelajari atau didampingi dengan trainer yang sudah tersertifikat. Individu yang mempunyai gangguan pernafasan tidak disarankan untuk melakukan aqua yoga.

Untuk melakukan aqua yoga, seseorang perlu memiliki kemampuan menyelam dengan teknik pernafasan yang baik dan mengetahui gerakan-gerakan yoga yang benar. “Melakukan gerakan-gerakan akrobatik yoga di dalam air itu lebih mudah,” tambahnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro