Ilustrasi
Health

Kaos kaki & Sepatu Lembab dapat Picu Kanker Kulit

Reni Efita
Jumat, 15 Januari 2016 - 18:53
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Memakai sepatu bersama kaos kaki dapat memberikan kenyaman kaki waktu berjalan. Namun perlu diperhatikan kebersihan kaos kaki dan kelembaban sepatu, karena bisa menyebabkan penyakit kanker kulit  pada kaki.

Dr. Rachel Djuanda, SpKK RSU Bunda Jakarta mengatakan memakai kaos kaki yang kurang bersih atau sepatu yang lembab dapat menyebabkan jamur tumbuh dan virus.

Bila memakai kaos kaki dan sepatu yang lembab dapat menyebabkan jamurnya dan virus melekat pada kulit yang mengakibatkan muncul benjolan kecil-kecil pada kaki. Benjolan seperti itu, juga dapat tumbuh di bagian tangan.

Benjolan pada kaki bisa dibedakan antara kutil dan kanker veruka vulgaris yang warnanya agak putih. Kalau kutil tidak berbahaya, sedangkan veruka vulgaris berbahaya.

Kalau terdapat benjolan yang tidak beraturan pada kaki atau tangan, katanya, perlu diwaspadai. Dikawatirkan termasuk tomor ganas.

“Cara untuk mencegah terhindar dari veruka vulgaris  dengan menjaga kebersihan tangan dan kaki, kaos kaki dan sepatutidak lembab,” kata Rachel, Jumat (15/1/2016).

Jenis kanker kulit juga banyak macamnya. Tergantung tempat tumbuhnya.      

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Reni Efita
Editor : Rustam Agus
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro