Foto kombinasi menunjukkan beberapa fase gerhana matahari total di atas Longyearbyen, Svalbard, Norwegia, Jumat (20/3). Gerhana matahari parsial terlihat di beberapa bagian Afrika, Eropa, dan Asia pada hari pertama musim semi utara. Gerhana matahari total hanya dapat terlihat di Kepulauan Faroe dan kepulauan Svalbard, Norwegia, di Samudera Arktik./Reuters
Travel

GERHANA MATAHARI TOTAL: Mamuju Gelar Festival Matahari

Nancy Junita
Kamis, 21 Januari 2016 - 14:36
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Sulawesi Barat (Sulbar) menjadi salah satu provinsi yang dilalui Gerhana Matahari Total (GMT) 2016.

Untuk memeriahkan peristiwa langka tersebut diselenggarakan Festival Matahari Sikammung pada 7-9 Maret di Anjungan Pantai Manakarra, Kota Mamuju seperti dilansir Indonesia Travel, Kamis (21/1/2016).

Festival ini menghadirkan berabagai standkerajinan tangan khas Sulbar, stand makanan tradisional serta demo pembuatannya, lomba permainan nasiona, serta melibatkan pelaku seni dari 6 kabupaten di Provinsi Sulawesi Barat.

Agenda yang akan dilaksanakan antara lain adalah: karnaval budaya, booth/stan kerajinan dan kuliner khas Sulawesi Barat, lomba permainan tradisional, serta penampilan kolaborasi budaya dari 6 kabupaten/kota di Sulawesi Barat yaitu Mamuju, Polewali, Mamasa, Majene, Mamuju Tengah dan Mamuju Utara.

 Kegiatan dilangsungkan bertepatan dengan GMT, sehingga diharapkan acara tersebut dapat meningkatkan jati diri dan kebanggaan bagi generasi muda di Sulawesi Barat.

Seperti diketahui, bahwa sejumlah provinsi di Tanah Air akan dilalui GMT pada 9 Maret 2016. Khusus di Provinsi Sulawesi Barat, kota-kota yang dilalui oleh Gernaha Matahari Total adalah: Pasangkayu, Lanang dan Doda.

Kota Mamuju yang merupakan ibukota provinsi ini akan dilalui Gerhana Matahari Sebagian sekira 90-99 persen. Walaupun tinggi intensitasnya namun kegelapan langit tidak akan layaknya malam seperti yang terjadi pada titik gerhana 100 persen.

Saat puncak gerhana, Matahari di wilayah ini akan terlihat seperti bulan sabit yang tipis, sehingga tidak kalah menyuguhkan fenomena alam luar biasa.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Nancy Junita
Editor : Nancy Junita
Sumber : Indonesia Travel
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro