Gerhana Matahari./Antara
Travel

GERHANA MATAHARI TOTAL: Hanya Indonesia Dilewati Bayangan Umbra

Newswire
Sabtu, 23 Januari 2016 - 05:26
Bagikan

 Bisnis.com, JAKARTA - Kepala Lembaga Antariksa dan Penerbangan Nasional (LAPAN) Thomas Djamaluddin, Jumat (22/1/2016), mengatakan  daratan yang dilewati bayangan umbra saat gerhana matahari total (GMT) 2016 hanya di Indonesia, dan akan berakhir di Samudera Pasifik.

Ada 11 provinsi di Indonesia, yakni Bengkulu, Sumatra Selatan, sebagian Jambi, Bangka Belitung, Kalimantan Barat, Palangka Raya dan Sampit (Kalimantan Tengah), Balikpapan (Kalimantan Timur), sebagian Kalimantan Selatan, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Maluku Utara.

Dikatakan, gerhana matahari secara umum dibagi menjadi tahap C1, C2, C3, dan C4. C1 momen saat piringan bulan memasuki lingkaran matahari hingga muncul Gerhana Matahari Sebagian (GMS), sedangkan fase C2 saat bulan sepenuhnya menutupi piringan matahari hingga terjadi GMT.

Saat GMT langit pagi menjadi lebih remang layaknya petang. Dalam durasi kurang dari tiga menit, bulan perlahan membuka halangannya terhadap matahari hingga langit kembali terang.

GMT terakhir di Indonesia terjadi pada 1988, dengan jalur yang hampir sama. Sedangkan pada 1983, Thomas mengatakan masyarakat di Pulau Jawa juga dapat menyaksikan GMT.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Sumber : Antara
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro