Gerhana matahari/earthsky.org
Travel

Lokasi Ideal Menyaksikan Gerhana Matahari Total 9 Maret

Nancy Junita
Selasa, 16 Februari 2016 - 16:07
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Gerhana Matahari Total (GMT) 2016 yang berlangsung pada 9 Maret akan melewati 12 provinsi di empat pulau besar Tanah Air, yaitu: Sumatra, Kalimantan, Sulawesi dan Maluku.

Beberapa pihak dari lembaga pemerintah hingga komunitas astronom amatir telah merencanakan perjalanan khusus untuk mengamati gerhana itu.

Adapun lokasi yang telah dipilih oleh komunitas-komunitas tersebut adalah: Palembang (Jogja Astronomy Club), Pangkal Pinang (Imah Noong), Pontianak (Lapan), Watukosek/Pasuruan(Lapan dan Surabaya Astronomy Club), Palu (Himpunan Astronomi Amatir Jakarta), Luwuk (Astronomi ITB), Ternate (Lapan dan BMKG), serta Maba (Lapan dan Langit Selatan).

Tim yang tersebar di lokasi pengamatan tersebut akan melakukan streaming video dengan dukungan Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kemenkominfo). Dengan demikian keindahan gerhana matahari dapat dinikmati oleh seluruh orang.

Watukosek/Pasuruan dan Pontianak dipilih sebagai lokasi pengamatan karena daerah ini masih mendapat Gerhana Matahari Sebagian.

Masyarakat yang tinggal di Jawa, Bali, Nusa Tenggara dan Papua pun dapat menikmati Gerhana Matahari Sebagian karena wilayah ini masuk ke dalam zona 3 dengan intensitas kegelapan 40%-89%.

Pulau Jawa termasuk memiliki intensitas tinggi dengan cakupan berkisar antara 78%-89%, Matahari akan tampak seperti bulan sabit pada puncak gerhana, sementara intensitas terendah terdapat di Kota Merauke sekitar 52%.

Wilayah di zona 3 ini tidak akan mengalami kegelapan seperti malam, cahaya Matahari mungkin akan sedikit redup seperti suasana mendung meski hari itu tidak mendung sama sekali.

Bagi Anda yang berencana melakukan perjalanan ke kota-kota yang dilewati GMT, ada banyak pilihan destinasi yang telah disiapkan oleh Pemerintah setempat lengkap dengan berbagai agenda menarik. Berikut ini beberapa di antaranya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

1 dari 8 halaman
Penulis : Nancy Junita
Editor : Nancy Junita
Sumber : Indonesia Travel
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro