Mengamati gerhana matahari/Antara
Travel

GERHANA MATAHARI TOTAL: 1.000 Sirop Pala Disajikan di Ternate

JIBI
Selasa, 23 Februari 2016 - 06:51
Bagikan

Bisnis.com, TERNATE - Pemerintah Kota Ternate akan menggelar Festival Budaya yang dijanjikan berbeda untuk memeriahkan peristiwa gerhana matahari total GMT)  pada 9 Maret 2016.

Salah satu kegiatan yang tidak biasa itu adalah minum sirup pala dan atraksi nonton bareng gerhana bersama Putri Raja Thailand.

Wali Kota Ternate Burhan Abdurahman mengatakan, Pemerintah Kota Ternate saat ini  menyiapkan lebih dari seratus botol sirop pala untuk disajikan pada puncak GMT.

Langkah ini dilakukan untuk memperkenalkan potensi ekonomi Kota Ternate kepada dunia internasional.

"Kami ingin agar sirup pala bisa setara dengan wine. Minimal pada  acara itu nanti banyak wisatawan asing yang bisa mencicipinya,” kata Burhan, Minggu (21/2/2016).

Selain sirop pala, pada puncak peristiwa GMT, Pemerintah Kota Ternate juga menyelenggarakan acara budaya dan aksi, seperti makan gohu-sashimi ala Maluku Utara. Pihaknya bahkan akan melibatkan Suku Togutil pada puncak peristiwa.

“Yang membedakan event kami dengan daerah lain di Indonesia, kami mengangkat isu kejayaan rempah-rempah yang daerah lain tidak memilikinya,”ujar Burhan.

Arifin Umasangadji, Ketua Panitia Ternate Solar Eclipse Festival, mengatakan, pihaknya sudah menyiapkan  sejumlah guru bahasa Inggris untuk menjadi pemandu para wisatawan asing.

“Kami akan menjadikan momentum peristiwa  ini sebagai peluang untuk memperkenalkan Ternate pada dunia."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : JIBI
Editor : Nancy Junita
Sumber : Tempo
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro