Seorang petugas Graha Teknologi Palembang melakukan cek fisik Teleskop persiapan melihat limit waktu Gerhana Matahari Total (GMT) di atas jembatan Ampera Palembang, Sumsel/Antara
Travel

GERHANA MATAHARI TOTAL: Kupang Gelar Teropong Bareng

Newswire
Kamis, 3 Maret 2016 - 13:52
Bagikan

 Bisnis.com, JAKARTA - Pelaksana Tugas Kepala Stasiun Geofisika Kupang Ikhsan mengatakan, BMKG setempat akan menggelar teropong bareng warga Kota Kupang dan sekitarnya di kompleks Mesjid Nurul Hidayah Kelapa Lima pada puncak gerhana matahari sebagian 9 Maret 2016.

"Kami sudah melakukan uji coba dan di kompleks masjid Nurul Hidayah Kelapa Lima Kota Kupang, sinyalnya bagus dan bisa dibuka streaming agar warga menyaksikan gerhana matahari sebagian pada tanggal 9 Maret 2016," katanya di Kupang, Kamis (3/3/2016)

Kepala Seksi Tata Usaha Stasiun Geofisika Kupang itu mengatakan,  teropong bareng dilakukan serentak 19 BMKG di Indonesia pada puncak fenomenan alam itu.

Dia mengajak warga 22 kabupaten di Nusa Tenggara Timur yang ingin menyaksikan atau mengabadikan gerhana matahari datang ke Kota Kupang pada kesempatan pertama.

"Semua pengunjung dapat menyaksikan seluruh fase terjadinya gerhana matahari sebagian, melalui video streaming yang telah diuji coba bekerja sama dengan PT. Telkom Indonesia," kata dia.

Titik awal gerhana matahari di NTT akan dimulai pukul 07.28 di Kota Kupang diikuti Labuan Bajo, Ruteng, Waibakul, Waikabubak, Waingapu, hingga berakhir di Kalabahi, Kabupaten Alor dengan durasi berbeda-beda, mulai tiga menit hingga dua jam lebih.

"Karena keterbatasan fasilitas dan tidak stabilnya jaringan telekomunikasi, maka BMKG Kupang hanya menyiapkan satu teropong bagi publik NTT di lokasi pengamatan gerhana matahari sebagian 9 Maret 2016," kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Sumber : Antara
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro