Tari hip hop./.
Show

Institut Prancis Indonesia Gelar Tari Hip Hop di Salihara

Atiqa Hanum
Kamis, 7 April 2016 - 13:41
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA—Mau menyaksikan pementasan tari hip hop Autarcie oleh Compagnie par Terre pimpinan koreografer Anne Nguyen? Datang saja ke Teater Salihara, Jakarta pada 15 Mei 2016.

Pementasan tersebut merupakan rangkaian Festival Printemps Français 2016, Institut Prancis di Indonesia (IFI). Berdasarkan siaran pers IFI, Anne Nguyen memulai karir sebagai penari breakdance dan memenangkan ajang internasional Battle of The Year 2005. Lalu, Nguyen mendalami tari hip-hop dan mengembangkan looping pop yaitu gerakan baru yang memadukan tari berpasangan dengan prinsip dasar kontraksi dan relaksasi otot dengan irama.

Di tahun yang sama dia membentuk grup tari Compagnie par Terre yang memfokuskan pada keterikatan hukum alam dan gerakan tubuh manusia yang selalu terhubung dengan bumi dan lingkungan sekitar. Nguyen pun menerima penghargaan Prix Nouveau Talent Chorégraphie SACD 2013dan terdaftar sebagai salah satu seniman utama di Teater Nasional Chaillot yang merupakan salah satu teater ternama di Paris.

Dalam Autarcie (2013), empat orang penari perempuan; Sonia Bel Hadj Brahim, Magali Duclos, Linda Hayford dan Valentine Nagata-Ramos, membenturkan gerakan breaking frontal dan bebas diiringi perkusi ritmis. Selama 50 menit, mereka memanfaatkan ruang dan perpaduan teknik yang berbeda. Mereka seakan terhisap dalam ruang kosong dan masing-masing meleburkan diri mengejar kekuasaan, persekutuan dan hierarki. Tarian yang menyiratkan kegelisahan ini dimainkan dengan ritme berdebar, diiringi pukulan gendang yang seolah bebas tanpa irama.

Repertoar pertama Anne Nguyen adalah pertunjukan tari solo bertajuk Square Root (2007) menghubungkan sisi geometris dalam gerakan tari dengan lingkungan urban kontemporer yang meraih juara ke-2 dalam ajang Kompetisi Koreografi Kontemporer Masdanza 2009. Square Root dipenuhi komposisi tari yang matematis dengan iringan suara cello dan pembacaan puisi yang bercerita mengenai makna tarian, bumi, bentuk-bentuk geometris dan tentang bagaimana beradaptasi dengan lingkungan perkotaan.

Selain itu, dia juga menjadi koreografer di Keep it Funky! (2007), Spirit of the Underground (2008), Yonder Woman (2010), Promenade Obligatoire (2012), Autarcie (2013) dan bal.exe (2014). Dengan ciri khas gerakan robotik mekanis, Nguyen juga mengeksplorasi berbagai seni artistik lain. Seperti dalam repertoar Kata (2017) yang tengah digarapnya, dia mengeksplorasi breakdance menjadi sebuah cabang ilmu bela diri kontemporer.

Kostum tari dalam pagelaran Autarcie ini dipersembahkan oleh rumah desain adibusana Prancis; Courrèges yang koleksinya dipakai dan dipopulerkan oleh Jacqueline Kennedy di tahun 1960-an serta menjadi favorit aktris Prancis Catherine Deneuve dan Françoise Hardyhingga musisi Amerika Miley Cyrus.

Selain di Jakarta, juga akan pentas di Bale Pare Kota Baru, Bandung pada 8 Mei 2016 (gratis), Taman Budaya di Yogyakarta pada 12 Mei 2016,  dan Hotel Sheraton di Surabaya pada 19 Mei 2016 (gratis).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Atiqa Hanum
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro