Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Mau Jadi Penulis? Ini Kiat dari Kirana Kejora

Untuk memulai menulis atau bahkan menyusun buku harus memiliki mental yang kuat agar yakin untuk tahan ketika dicaci pembaca.
Stefanus Arief Setiaji
Stefanus Arief Setiaji - Bisnis.com 20 Mei 2016  |  13:27 WIB
Mau Jadi Penulis? Ini Kiat dari Kirana Kejora
Kirana Kejora (Kanan) dalam sesi diskusi di Universitas Darma Persada
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Anda punya bakat menulis atau sedang punya tekad kuat menjadi penulis? Hal apa yang menjadi pertimbangan agar semangat menulis yang sudah ada, benar-benar dapat terwujud? Ini kiat dari seorang penulis buku, Kirana Kejora.

Menurut Kirana Kejora, peneliti sosial ekonomi, penulis buku, naskah film televisi dan layar lebar, untuk memulai menulis atau bahkan menyusun buku harus memiliki mental yang kuat agar yakin untuk tahan ketika dicaci pembaca.

"Kunci agar buku yang telah ditulis laku adalah judul yang menarik, sampul depan yang mencuri perhatian, tagline yang mampu melekat ke benak pembaca dan sampul belakang yang berisi sinopsis singkat," ujar penulis yang berlatar ilmu Sosial Ekonomi dari Fakultas Kelautan Perikanan Universitas Brawijaya itu dalam 'Aktivasi BI Corner dan Ngobrol Asyik Bareng Kirana Kejora' yang digelar Universitas Darma Persada.

Dalam keterangan resminya, Jumat (20/5/2016), Kirana menuturkan ide penulisan dapat lahir dari hal-hal yang telah kita alami seperti perjalanan berwisata bahkan termasuk status Facebook yang dianggap sebagai hal remeh namun sangat mencerminkan diri kita.

"Penulis adalah pembelajar. Siapapun yang kita temui bahkan buku yang kita baca adalah guru kita. Penulis harus menyadari dirinya adalah selalu belajar hal baru. Banyak membaca adalah modal penulis," tuturnya.

Meski demikian Kirana mengingatkan agar penulis pemula disiplin untuk menyusun kata dengan bahasa Indonesia yang baik dan benar. "Menyusun kata-kata itu harus benar. Untuk itu harus rajin membaca dan menghormati bahasa yang Anda gunakan."

Tahun ini, Kirana merilis novel 'Senja Di Langit Ceko' yang didukung Perpustakaan Nasional. Butuh waktu sekitar 10 tahun untuk Kirana dalam menulis buku berlatar perjalanan hidup siswa Indonesia itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

buku
Editor : Stefanus Arief Setiaji
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top