Begini Makna Kerja Menurut Drama Korea "Descendant of The Sun"

Demam drama korea Descendants of the Sun (DOTS) membuktikan bahwa drama Korea tidak melulu hanya dipenuhi romantika. Tentunya, ada unsur kisah cinta di dalam DOTS, namun dibalut konflik cerita dan aksi militer yang menarik.
Eka Chandra Septarini
Eka Chandra Septarini - Bisnis.com 21 Mei 2016  |  23:42 WIB
Begini Makna Kerja Menurut Drama Korea
Drama Korea Descendant of The Sun. - Dramafever.com

Bisnis.com, JAKARTA -- Demam drama korea Descendants of the Sun (DOTS) membuktikan bahwa drama Korea tidak melulu hanya dipenuhi romantika. Tentunya, ada unsur kisah cinta di dalam DOTS, namun dibalut konflik cerita dan aksi militer yang menarik.

Belum lagi pelajaran hidup dan karier yang diselipkan dalam alur ceritanya. Tidak heran jika drama Korea ini terus mendapat rating tinggi di berbagai negara yang menyiarkannya, termasuk Indonesia. Meskipun drama ini telah usai tayang, tidak ada salahnya kita menilik lebih lanjut tentang nilai-nilai yang bisa diambil.

Seperti dikutip dari BBC.com pada Sabtu (21/5/2016) berikut kilasan DOTS :

1. Apa pun posisi kerja Anda, Anda adalah aset penting
Satu konflik batin yang dihadapi Mo Yeon and Si Jin adalah perbedaan nilai-nilai moral dalam pekerjaan mereka masing-masing: sebagai dokter, pekerjaan utama Mo Yeon adalah menyelamatkan orang dengan keahlian medisnya. Sementara Shi Jin menyelamatkan dengan bergabung dalam peperangan yang mengharuskannya membunuh. Walau begitu, pekerjaan mereka pada dasarnya memiliki tujuan yang sama. Di beberapa kesempatan, mereka bahkan bekerja sama berdampingan.

Dalam sebuah organisasi bisnis, semua posisi punya kontribusi masing-masing, dengan risiko dan kelebihan tersendiri. Tapi semua tetap dengan tujuan yang sama, yaitu kepuasan konsumen, klien, ataupun nasabah. Senada dengan Mo Yeon dan Shi Jin yang bekerja dengan metode berbeda, ingat bahwa posisi Anda saat ini sebagai manajer, staf, atau pegawai magang sekalipun, adalah aset yang dibutuhkan untuk kelangsungan dan perkembangan perusahaan.

2. Bijak mengambil keputusan yang tepat
Pada salah satu episode yang paling menegangkan, dalam keadaan darurat paska gempa di Urk, Mo Yeon dan Shi Jin dihadapkan pada pilihan antara dua korban sekarat. Mereka hanya bisa menyelamatkan satu dan mengorbankan yang lain. Mo Yeon sempat bersikeras ingin menyelamatkan keduanya. Namun Shi Jin yang lebih realistis meyakinkannya untuk mengambil satu pilihan sulit yang lebih baik daripada tidak memilih dan kehilangan semuanya. Akhirnya Mo Yeon pun setuju untuk memilih korban yang lebih muda.

Sepanjang hidup Anda, akan ada periode tertentu yang memaksa Anda mengambil keputusan sulit, misalnya memilih keluar dari tempat kerja atau memecat seorang bawahan. Seperti Mo Yeon, pilihan-pilihan ini akan memaksa Anda keluar dari zona nyaman atau bahkan melepaskan nilai-nilai ideal yang selama ini Anda pegang. Namun untuk mengoptimalkan kinerja kerja, Anda harus percaya bahwa pilihan Anda memang pantas dan akan sebanding dengan hasil yang Anda dapatkan nanti. 

3. Berusaha sebaik mungkin
Beberapa hal tidak akan berjalan sesuai dengan harapan Anda sekeras apapun Anda berusaha. Poin yang satu ini membuat Chi Hoon dilema berat ketika ia terus berusaha menolong korban gempa yang sudah tidak bisa diselamatkan. Chi Hoon menolak menerima bahwa korban sudah ditetapkan meninggal. Dia harus disadarkan oleh Sang Hyun yang mengingatkan bahwa Chi Hoon perlu fokus pada korban lain yang masih butuh bantuan.

Di setiap jenis pekerjaan yang Anda lakukan, selalu kerahkan semua kemampuan Anda semaksimal mungkin. Namun mengertilah bahwa ada banyak unsur dalam hidup yang tidak bisa Anda kontrol, baik itu keadaan ekonomi kacau yang mengakibatkan terjadi PHK atau surat lamaran yang tidak kunjung dibalas. Tahu kapan waktunya untuk move on agar Anda bisa segera mengejar kesempatan baru lainnya.

4. Paham pentingnya prioritas
Sebagai seorang tentara, prioritas Shi Jin tentu adalah negaranya dan kadang kepentingan kerjanya bentrok dengan kepentingan pribadinya. Hal ini tercermin di salah satu episode ketika ia kencan dengan Mo Yeon dan ia harus meninggalkan Mo Yeon untuk menerima panggilan darurat. Namun di episode selanjutnya, dua insan ini akhirnya saling berkomunikasi tentang kompromi. Mo Yeon pun menerima Shi Jin sepenuhnya beserta risiko yang muncul dari pekerjaannya.

Work-life balance adalah satu hal yang sering dipermasalahkan kaum profesional. Jika Anda memberinya posisi penting dalam hidup, secara alami Anda akan memprioritaskannya. Selain perlu cermat memilih tempat kerja dengan budaya yang cocok untuk Anda, komunikasi yang mulus antara Anda, pihak perusahaan, dan keluarga juga dibutuhkan untuk memelihara keseimbangan antara kehidupan kerja dan personal.

5. Selalu memaksimalkan sumber daya dan talenta
Tahukah Anda kalau dana produksi Descendants of the Sun kabarnya mencapai Rp 140 miliar? Angka yang wah ini sama sekali tidak sia-sia, karena menghasilkan film berkualitas tinggi, dari lokasi syuting hingga proses syuting.

Walau begitu, para aktor dan aktris yang cemerlang pun punya andil dalam menyukseskan drama ini. Bisa dilihat kalau tim DOTS telah memilih bintang-bintang yang tepat untuk karakter masing-masing. Tidak dipungkiri bahwa anggaran besar sedikit banyak punya pengaruh pada keberhasilan sebuah perusahaan baru atau proyek. Namun mempekerjakan talenta yang tepat adalah kunci awal dari kesuksesan berbagai jenis bisnis. Tidak heran jika banyak CEO yang masih mewawancarai kandidat pegawai secara pribadi. Seorang staf yang benar-benar resourceful akan mampu memberi hasil berkualitas yang konsisten, terlepas dari posisi dan tantangan yang dihadapinya.
 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
film korea

Sumber : BBC.com

Editor : Setyardi Widodo
KOMENTAR


Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top