Health

TIPS PUASA: Mengonsumsi Multivitamin Selama Berpuasa

Mia Chitra Dinisari
Selasa, 7 Juni 2016 - 21:13
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA- Banyak orang yang mencari banyak cara agar tetap segar dan bugar selama menjalani puasa.

Salah satunya adalah mengonsumsi makanan bergizi, dan juga minum multivitamin. Tujuannya, agar stamina tetap terjaga, dan tetap memiliki energi seharian dalam menjalankan aktivitas meskipun tidak ada asupan makanan dan minuman yang dikonsumsi seharian.

Multivitamin memang menjadi alternatif utama bagi mereka yang berpuasa untuk memenuhi kecukupan gizinya. Umumnya mereka mengatakan menjadi lebih kuat dan segar selama berpuasa karena minum suplemen atau multivitamin tersebut.

Ini merupakan hal yang wajar dan sah saja. Ahli Gizi dr Samuel Oetoro mengatakan mengonsumsi multivitamin selama berpuasa memang memberikan efek memberikan tenaga yang cukup pada tubuh selama berpuasa.

Waktu yang tepat minum multivitamin, katanya, saat sahur atau menjelang imsak tiba. "Agar efeknya bisa terasa pada saat puasa dijalani," ujarnya.

dr Samuel mengatakan multivitamin biasanya mengandung banyak vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh manusia setiap harinya. Apalagi umumnya selama puasa, kebutuhan vitamin dan mineral yang didapatkan dari makanan alami sulit didapatkan atau disiasati.

Karena umumnya, orang menjadi malas  makan saat sahur karena rasa kantuk, atau merasa kekenyangan saat buka puasa karena telah mengonsumsi beragam tajil yang disajikan.

Namun yang mesti diperhatikan, katanya, konsumsi multivitamin juga sama seperti yang dikonsumsi harian biasanya. Yakni yang tidak terlalu tinggi miligramnya. Karena agar tidak terjadi penumpukan kandungan nutrisi tersebut yang juga bisa memberikan dampak buuk pada tubuh.

"Multivitamin dengan dosis rendah adalah yang paling ideal dikonsumsi. Karena multivitamin biasanya dikonsumsi rutin dan jangka panjang sehingga tidak terlalu berlebihan dikonsumsi," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro