Produk susu/boldsky.com
Health

TIPS PUASA: Pentingnya Minum Susu Saat Puasa

Mia Chitra Dinisari
Kamis, 9 Juni 2016 - 06:46
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA- Saat berpuasa, tubuh kehilangan energi selama siang hingga sore hari karena tidak makan minum sehingga tidak ada asupan makanan atau minuman yang bisa diolah menjadi energi.

Karenanya, orang berusaha menabung kebutuhan asupan makanan dan minuman pada saat makan sahur. Diharapkan makanan dan minuman yang dikonsumsi saat sahur bisa menahan lapar dan haus hingga waktu berbuka tiba.

Salah satu jenis tabungan minuman yang dikonsumsi banyak orang adalah susu. Minuman dengan vitamin dan mineral ini memang diketahui memiliki banyak manfaat positif bagi tubuh manusia.

Dr Gizi Klinis INge Permadhi mengatakan minum susu selama puasa sangat baik, karena bisa bersifat mengenyangkan. "Orang yang sakit dan tidak bisa makan dan minum saja, bisa tercukupi kebutuhan viamin dan mineralnya dengan minum susu," ujar dr Inge.

Namun, dia mengatakan minum susu secara mendadak selama puasa itu kurang baik karena konsumsi susu sebaiknya dibiasakan setiap hari.

Jika memang tidak terbiasa, maka pada saat puasa konsumsilah susu pada saat sahur sebelum imsak, dan menjelang tidur. Alasannya karena menjelang tidur minum susu bisa membuat tidur lebih nyenyak, karena susu memberikan efek mengenyangkan.

"Bagi yang tidak pernah minum harus belajar karena susu mengandung gula susu atau laktosa. Dan enzym laktosa akan berkurang atau habis jika tidak minum susu, dan bisa menyebabka osteoporosis," tambahnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro