Travel

Menpar Apresiasi Dibukanya Penerbangan China--Manado

David Eka Issetiabudi
Selasa, 5 Juli 2016 - 15:10
Bagikan

Bisnis.com, MANADO—Menteri Pariwisata Arief Yahya mengapresiasi dibukanya penerbangan enam kota China ke Manado, yang dimulai dengan perjalanan Macau – Manado, Senin (4/7/2016).
Arief menyebutkan faktor terpenting sukses di pariwisata adalah CEO commitment, atau kepedulian pemimpin daerahnya. "Kalau mereka serius, komitmen, dengan cepat pariwisata akan bertumbuh," tuturnya, dalam keterangan pers, Selasa (5/7/2016).
Menurutnya, keseriusan CEO akan terlihat dari bagaimana pemda memprioritaskan sumber daya dan anggaran mereka di pariwisata. Dia mencontohkan mengenai besaran anggaran untuk pariwisata, dan apakah pemilihan Kepala Dinas Pariwisata-nya sudah yang terbaik.
Memulai penerbangan perdana, sebanyak 205 wisman asal China datang dari Macau dengan menggunakan Boeing 737 ER. Empat hari mendatang, Kamis (8/7/2016), akan dilanjutkan dengan penerbangan dari Shenzen – Manado, Kemudian Shanghai – Manado pada 12 Juli 2016.
Lion Air menargetkan 30.000 wisatawan asing dari China datang ke Manado hingga akhir tahun, lewat paket wisata terjangkau senilai Rp10 juta selama lima hari empat malam di Bumi Nyiur Melambai.
Enam kota China yang akan dibuka pintu penerbangan langsung oleh Lion a.l. Macau, Shenzen, Chongqing, Wuhan, Shanghai dan Changsa. Paket yang dijual Lion di destinasi Manado adalah 5D4N, atau lima hari empat malam dengan harga paket Rp10 juta, termasuk tiket dan hotel yang dimiliki Lion Group.
Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey mengatakan hari pertama para wisatawan akan melihat destinasi yang terkait dengan Tiongkok di kota Manado.
“Selanjutnya, mereka akan berwisata bahari, ada yang snorkeling, diving bagi yang sudah memiliki lisensi, dan bertelanjang kaki di pantai-pantai di sana,” ujarnya.
Pada hari ke-3, wisman China meninjau objek wisata di luar kota Manado, lalu hari ke-4 difokuskan untuk shopping, spa and leisure.
"Untuk antisipasi ledakan wisman Tiongkok, kami akan membuat atraksi baru, yakni lintasan pacuan kuda, sehingga ada tontonan yang bisa dilihat di Manado," tutur Gubernur.
Arief menambahkan setelah dibukanya kesempatan kunjungan turis China, sekarang tinggal keseriusan Manado untuk menjadi destinasi kelas dunia itu. "Prinsipnya 3A, akses, atraksi dan amenitas. Akses, Lion patut diapresiasi dengan semangatnya untuk mengangkut lebih banyak wisman ke Manado."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro