Pemudik Lebaran menggunakan sepeda motor/Antara-Kristian Ali
Health

Pria Sering Mengendarai Motor Berisiko Mandul

JIBI
Kamis, 18 Agustus 2016 - 18:03
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Demi alasan kecepatan dalam mengejar waktu, banyak kaum pria, baik yang masih berstatus lajang atau sudah berkeluarga, memilih naik kendaraan roda dua untuk menjalankan aktivitas sehari-hari.

Tidak hanya untuk jarak dekat, tetapi juga jarak jauh yang memakan waktu hingga lebih dari satu jam untuk mencapai tujuan.

Sebaiknya, mulai dari sekarang perhatikanlah hal tersebut.

“Risiko gangguan kesuburan mengintai,” ucap dokter Kasyunnil, spesialis kedokteran okupasi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) dalam acara media gathering

“Pilihan Pekerjaan Bisa Berdampak Pada Infertilitas Pria” yang diselenggarakan Rumah Sakit Umum Bunda Jakarta.

“Panas, bensin, celana yang menempel ketat di kulit, menjadi beberapa faktor yang dapat menyebabkan munculnya gangguan kesuburan,” katanya.

Seperti data yang tercantum dalam rilis yang dikeluarkan Rumah Sakit Umum Bunda, paparan panas dapat menyebabkan turunnya jumlah sperma, motilitas (kecepatan gerak), dan perubahan bentuk sperma.

“Tentu ini bukan sesuatu yang terjadi spontan atau begitu saja, melainkan harus melewati proses atau paparan jangka panjang,” ujar dokter Sigit Solichin, spesialis urologi yang praktik di Rumah Sakit Umum Bunda Jakarta.

Merunut pada siklus alami produksi sperma, maka paparan terus menerus selama kurang lebih tiga bulan akan semakin meningkatkan risiko infertilitas.

Memulihkan kondisi kesuburan, suami bisa mulai mengganti kebiasaan naik motor jarak panjang dengan alternatif kendaraan lain atau dengan mengurangi intensitasnya. Hal ini patut dilakukan, terutama bagi mereka yang sedang berencana memiliki momongan.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : JIBI
Editor : Nancy Junita
Sumber : Tempo.co
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro