Wabah zika menyerang berbagai negara/Istimewa
Health

Wanita Hamil WN Malaysia Ini Dipastikan Terjangkit Virus Zika

Newswire
Rabu, 7 September 2016 - 16:30
Bagikan

Bisnis.com, KUALALUMPUR - Seorang wanita muda warga negara Malaysia yang sedang hamil dinyatakan positif terinfeksi virus zika.

Malaysia, Rabu (7/9/2016), menyebutkan wanita hamil pertama yang terjangkit virus zika itu berusia 27 tahun dan tinggal di bagian selatan Malaysia, dekat Singapura.

Penularan Zika pada wanita hamil terbukti menyebabkan mikrosepalus, cacat lahir berupa ukuran kecil kepala dan otak, dengan sejumlah kecacatan lain di otak.

Menteri Kesehatan Subramaniam Sathasivan mengatakan bahwa wanita dengan usia kandungan sekitar tiga-empat bulan itu, tinggal di kota Johor Bahru, dekat Singapura.

Suaminya, yang bekerja di Singapura, juga menunjukkan sejumlah gejala Zika dan menjalani pemeriksaan.

"Belum jelas apakah wanita itu tertular penyakit tersebut dari suaminya atau penularan setempat," kata Subramanian dalam jumpa pers di Putrajaya, ibu kota pemerintahan Malaysia.

Pekan lalu, Malaysia memastikan penderita pertama Zika, wanita berusia 58 tahun, yang mengunjungi Singapura. Pada Sabtu, mereka memastikan penularan pertama Zika setempat.

Subramanian mengatakan bahwa Malaysia diperkirakan akan mengalami kasus lebih banyak di Johor Bahru dikarenakan kedekatannya dengan Singapura. Sekitar 200.000 orang warga Malaysia pulang-pergi dari Johor ke kota-negara tersebut.

Meskipun mikrosepalus biasanya terlacak pada saat akhir atau tiga bulan awal kehamilan, temuan itu dapat diketahui sesegera mungkin saat 18-20 minggu pertama kehamilan, kata Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Editor : Saeno
Sumber : Antara/Reuters
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro