Cara Melakukan Pertolongan Pertama Saat Orang Tersedak

Panik adalah satu ekspresi kita saat melihat orang yang tersedak. Ternyata ada beberapa cara untuk melakukan pertolongan pertama pada orang tersedak. Bagaimana caranya? Simak terus ya.
Atiqa Hanum | 15 September 2016 21:00 WIB
Dengan mengetahui cara penanganan yang baik dan benar, tentu Anda akan lebih siap menghadapi segala sesuatu yang terjadi di kemudian hari. - apotek.purabaya.com

Bisnis.com, JAKARTA—Panik adalah satu ekspresi kita saat melihat orang yang tersedak. Ternyata ada beberapa cara untuk melakukan pertolongan pertama pada orang tersedak. Bagaimana caranya? Simak terus ya.

Praktisi Keamanan dan Keselamatan 4Life Lelitasari mengatakan untuk melakukan pertolongan pada orang dewasa yang tersedak adalah paksa korban untuk batuk dan induksi muntah. Jika kedua hal ini tidak berhasil, tahan badan atas korban dengan menghadap ke depan dan coba untuk meredakan orang yang tersedak dengan memukul sebanyak 5 kali di antara bahu dengan menggunakan telapak tangan.

“Apabila korban mulai kehilangan kesadaran dan berhenti bernafas normal mulai lakukan CPR [cardiopulmonary resuscitation] dan segera hubungi rumah sakit,” jelasnya dalam acara peluncuran Kampanye #SiagaHansaplast di Jakarta, Kamis (15/9/2016).

Sedangkan pertolongan pertama pada bayi yang tersedak, ialah dengan ditidurkan bayi di lengan dengan menghadap ke bawah sambil ditengadakan ke bawah sehingga posisi kepala lebih rendah dari dada. “Pegang kepala bayi dengan tangan Anda, tahan mulut bayi dan pastikan leher tidak menekuk ke dada,” ungkapnya.

Terakhir, tepuk punggung bayi sebanyak 5 kali di antara bahu menggunakan telapak tangan. Dengan mengetahui cara penanganan yang baik dan benar, tentu Anda akan lebih siap menghadapi segala sesuatu yang terjadi di kemudian hari.

Tag : keselamatan, tips
Editor : Fatkhul Maskur

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top