Tenun Kalimantan Barat/Istimewa
Travel

Sail Selat Karimata 2016: Ada Lomba Desain Tenun Kalbar

Newswire
Kamis, 13 Oktober 2016 - 16:06
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Direktorat Jenderal Industri Kecil dan Menengah Kementerian Perindustrian telah menyelenggarakan lomba desain tenun khas Kalimantan Barat (Kalbar) dalam mendukung rangkaian kegiatan Sail Selat Karimata 2016.

"Kain tenun khas Kalimantan Barat memiliki motif yang unik dan beragam, seperti lunggi pucuk rebung, dagin serong, dagin biasa dan cual padang terbakar. Pengerjaannya membutuhkan keterampilan dan ketekunan tersendiri,” kata Dirjen IKM Kementerian Perindustrian, Gati Wibawaningsih, melalui keterangan tertulis, Kamis (13/10/2016).

Dijelaskan, lomba ini bertujuan meningkatkan kreativitas perajin tenun dalam negeri sekaligus mempromosikan kain tenun nusantara kepada wisatawan mancanegara.

"Tenun nusantara memiliki berbagai motif yang khas dan kental dengan nilai budaya daerah asalnya yang patut kita lestarikan, termasuk kain tenun khas Kalimantan Barat," ujar dia.

Lomba desain tenun khas Kalimantan Barat yang dilaksanakan sejak 15 Agustus 2016 ini mengangkat tema tentang kemaritiman. Hal ini sesuai dengan salah satu tujuan kegiatan Sail Selat Karimata 2016, yaitu untuk mengembangkan dan mempromosikan potensi maritim Indonesia.

Desain tenun para pemenang akan ditampilkan pada pameran yang termasuk dalam rangkaian kegiatan Sail Selat Karimata 2016 yang dilaksanakan pada 12-15 Oktober.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Sumber : Antara
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro