Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Begini Cara Omega 3 Bersihkan Limbah di Otak

Asam lemak omega-3 tak jenuh dari ikan bisa menghalau amiolid-beta peptida, salah satu pemicu munculnya penyakit Alzheimer, menurut sebuah studi dari Universitas Macau.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 31 Oktober 2016  |  14:42 WIB
Otak - medicaldaily.com
Otak - medicaldaily.com

Bisnis.com, JAKARTA - Asam lemak omega-3 tak jenuh dari ikan bisa menghalau amiolid-beta peptida, salah satu pemicu munculnya penyakit Alzheimer, menurut sebuah studi dari Universitas Macau.

Studi yang dipublikasikan dalam jurnal FASEB itu menunjukkan, bahwa asam lemak omega-3 tak jenuh bisa meningkatkan fungsi sistem glymphatic--berfungsi membersihkan "limbah" di otak, yakni zat kimia berbahaya sisa metabolisme tubuh saat beraktivitas.

Bila limbah otak yang terdiri dari amiloid-beta dan protein menumpuk, maka bisa memicu perkembangan penyakit Alzheimer, parkinson, dan gangguan neurologis lainnya.

Untuk sampai pada kesimpulan itu, para peneliti mengggunakan tikus transgenik sebagai objek ujicoba, untuk menyelidiki efek dari asam omega-3 tak jenuh pada fungsi sistem glymphatic.

Hasil percobaan menemukan bahwa pada terjadi peningkatan fungsi sistem glymphatic, termasuk amiloid-beta dari otak.

Sementara itu, pada tikus lain, peneliti memberikan minyak ikan kaya kandungan omega-3 dan menemukan peningkatan fungsi sistem glymphatik pada tikus itu.

Omega-3 membantu mempertahankan homeostasis otak--kemampuan tubuh beradaptasi dengan lingkungan internal dan eksternal yang senantiasa berubah. Kemampuan ini berperan menghalau sejumlah penyakit neurologis, seperti penyakit Alzheimer, cedera otak traumatis, dan tidur gangguan, antara lain. Demikian seperti dilansir Indian Express. 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

alzheimer Omega 3

Sumber : Antara

Editor : Nancy Junita
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top