Tips Memberi Buah dan Sayur Pada Anak

Di masa pertumbuhan, si Kecil membutuhkan asupan nutrisi yang tepat dan seimbang, termasuk porsi buah dan sayur yang dikonsumsinya.
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 15 April 2017  |  11:57 WIB
Tips Memberi Buah dan Sayur Pada Anak
Tips memberi buah dan sayur pada anak - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Di masa pertumbuhan, si Kecil membutuhkan asupan nutrisi yang tepat dan seimbang, termasuk porsi buah dan sayur yang dikonsumsinya.

Anna Surti Ariani, S.Psi., M.Si., Psi., seorang Psikolog Anak dan Keluarga mengatakan, berbagai penelitian menyebutkan bahwa feeding style atau cara pemberian makan yang tepat dapat memegang peranan penting dalam keberhasilan menerapkan healthy eating habit di rumah.

"Oleh karena itu penting sekali melibatkan para orangtua dalam program ini, lewat kelas pelatihan untuk orangtua. Dalam kelas-kelas tersebut digunakanlah berbagai metode yang menghantar mereka memahami dan mampu mempraktikkan feeding style yang baik, yang telah diterjemahkan sebagai tips yang mudah dipraktikkan. Dengan pendekatan yang menyenangkan, para orangtua jadi bersemangat untuk mempelajari dan mencoba hal-hal yang diajarkan.” ujarnya dalam siaran persnya

Lebih lanjut Anna Surti Ariani mengatakan, dengan adanya perubahan positif dari orangtua saat memberi makan anaknya, diharapkan anak jadi lebih bersemangat untuk makan makanan sehat, sehingga si Kecil dapat bertumbuh sesuai dengan harapan. Selain itu, perkembangan kognitif, bahasa, emosi dan sosial si Kecil juga akan meningkat lewat proses pemberian makan yang tepat.

Selain pengetahuan tentang manfaat nutrisi seimbang, orangtua juga perlu tahu cara-cara membuat anak bersemangat makan. Anna Surti menyampaikan bahwa Bunda dapat menerapkan 7 tips agar si Kecil semangat makan (7 feeding tips) yaitu

  1. Kenalkan anak pada sobat buah dan sayur;
  2. Ceritakan dongeng tentang makanan;
  3. Buat si Kecil lapar dengan mengajaknya bermain aktif agar lapar pada jam makan;
  4. Libatkan si Kecil memasak;
  5. Berikanlah makanan dalam wadah yang lucu;
  6. Tata makanan secara unik;
  7. Lakukan teknik psikologi dengan memberikan si kecil proses makan yang menyenangkan

Berkaitan dengan hal ini, SGM Eksplor dengan Buah & Sayur mengajak 500 anak PAUD di Jadetabek usia 3 – 6 tahun untuk melakukan panen buah dan sayur bersama. Kegiatan ini adalah bagian dari rangkaian program edukasi PAUD Healthy Eating Habit (HEH) untuk menumbuhkan kebiasaan makan sehat terutama konsumsi buah sayur sejak usia dini. Program PAUD Healthy Eating Habit digelar untuk mendukung “Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas)”, dimana mengonsumsi buah dan sayur merupakan salah satu fokus utamanya.

Diana Beauty, Brand Manager SGM Eksplor Buah & Sayur menjelaskan,  nutrisi merupakan fondasi dari pertumbuhan anak di masa depan. Maka penting untuk anak mengonsumsi makanan sehat dan gizi seimbang, termasuk konsumsi buah dan sayur.

"Melalui Program PAUD HEH, SGM Eksplor dengan Buah & Sayur berupaya memperkenalkan dan meningkatkan kesukaan anak terhadap buah dan sayur melalui cara yang menyenangkan, salah satunya melalui 7 tips agar si Kecil semangat makan (7 feeding tips), yang kami kembangkan bersama dengan psikolog anak," ujarnya.

Seluruh rangkaian program PAUD Healthy Eating Habit telah berlangsung selama 6 minggu sejak Maret 2017 lalu di 10 PAUD di daerah Jakarta dan Tangerang. Program akan berlanjut di 10 PAUD lainnya di Jawa Barat hingga September 2017 mendatang meliputi penyediaan makanan bergizi, buah-buahan dan sayur-mayur, serta susu pertumbuhan SGM Eksplor dengan Buah & Sayur bagi 1,000 anak didik di PAUD.

 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
buah dan sayur

Editor : Mia Chitra Dinisari
KOMENTAR


0   Komentar

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top