Kimchi/lottemart
Kuliner

Penikmat Makanan Korea Merapat, Ini Manfaat Kimchi untuk Kesehatan

Sabina Arla Yogandini
Rabu, 21 Juni 2023 - 10:29
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Bagi Anda penikmat drama Korea, Anda pasti sudah tak asing dengan makanan berfermentasi yang satu ini alias kimchi. Kabar gembira bagi Anda karena makanan ini memiliki manfaat, berikut manfaat kimchi untuk kesehatan.

Kimchi adalah hidangan tradisional Korea yang dibuat dari sayuran yang difermentasi dengan garam.

Makanan ini kaya nutrisi, mengandung probiotik yang bermanfaat bagi kesehatan Anda.

Melansir Real Simple, berikut adalah manfaat dari kimchi untuk kesehatan

1. Kimchi mengandung probiotik untuk mikrobioma usus yang sehat

Dengan mengonsumsi makanan fermentasi seperti kimchi dapat membantu menambah bakteri "baik" dan memperkaya mikrobioma untuk membantu meningkatkan pencernaan dan kekebalan tubuh, serta mengurangi peradangan usus.

Selain itu, kimchi kaya akan probiotik yang sangat bermanfaat untuk mengisi kembali flora usus yang baik dan mengembalikan sistem pencernaan Anda dalam kondisi sehat.

2. Kimchi mengandung nutrisi yang berasal dari tanaman

Kimchi terbuat dari kombinasi sayuran seperti kubis, bayam, dan seledri, menghasilkan sebuah makanan yang kaya akan nutrisi. Satu mangkuk kimchi yang terbuat dari kubis kaya akan nutrisi serat, zat besi, vitamin B, folat, vitamin K, sodium, beberapa gram protein, dan mengandung sedikit kalium, magnesium, vitamin A, kalsium, dan tembaga.

3. Kimchi dapat membantu meningkatkan kadar lemak darah

Dengan mengonsumsi sekiranya satu setengah mangkuk kimchi sehari telah terbukti membantu orang untuk menurunkan kadar kolesterol tinggi.

Adapun keterkaitan antara kimchi dan sifat anti-inflamasi, antioksidan, dan penurun lipid yang dapat memberikan efek positif pada aterosklerosis, yaitu penumpukan lemak di arteri Anda.

4. Kimchi mengandung vitamin C yang tinggi

Kimchi adalah sumber antioksidan yang baik, terutama vitamin C yang bermanfaat bagi kesehatan jantung. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa sifat anti-inflamasi yang berasal dari makanan kaya vitamin C ini dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung.

5. Kimchi adalah sumber vitamin K yang kaya untuk kesehatan tulang dan darah

Kimchi merupakan salah satu sumber vitamin K terkaya. Adapun satu mangkuk kimchi mengandung sekitar 65 mikrogram vitamin K yang memenuhi sekitar 53 persen asupan vitamin K yang direkomendasikan untuk pria dan 71 persen untuk wanita.

6. Kimchi dapat membantu mencegah infeksi jamur vagina

"Kimchi yang difermentasi mengandung bakteri baik yang dapat mencegah infeksi jamur vagina.
Meskipun makan kimchi bukan merupakan obat untuk wanita yang sering mengalami infeksi jamur vagina, mengonsumsi kimchi dapat menjadi tindakan pencegahan berbasis nutrisi yang tak terduga untuk dipertimbangkan.

Itulah beberapa manfaat kimchi untuk kesehatan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro