Tirai Cantik, Multifungsi

Kehadiran tirai menjadi bagian yang tak terpisahkan dari sebuah hunian. Selain fungsional, tirai juga menjadi unsur dekoratif untuk menambah kualitas ruangan dalam hunian.
Diena Lestari
Diena Lestari - Bisnis.com 21 April 2017  |  20:22 WIB
Tirai Cantik, Multifungsi
Salah satu rancangan tirai minimalis - bisnis

Kehadiran tirai menjadi bagian yang tak terpisahkan dari sebuah hunian. Selain bersifat fungsional sebagai penghalang cahaya, tirai juga memiliki unsur dekoratif yang berpengaruh terhadap kualitas ruang.

Desainer Interior Indra Zaka Permana menuturkan, jika kehadiran tirai dalam hunian menjadi hal penting sebagai fungsi visual. Dalam hal ini untuk melindungi kaca jendela hunian Anda. Selain berfungsi visual, keberadaan tirai juga menjadi unsur dekoratif yang akan menambah kualitas ruangan dalam hunian.

Di tengan pergerakan manusia yang semakin cepat, kondisi hunian saat ini dirancang dengan lebih sederhana. Menurut Indra, tingginya aktivitas masyarakat yang tinggal di metropolitan, membuat penghuni rumah banyak mengurangi hal detail dalam hunian. Hal ini tidak lepas dari upaya mengurangi waktu untuk membersihkan rumah. Gaya hidup ini berpengaruh terhadap pemilihan perabot atau elemen dekoratif di dalam rumah, salah satunya adalah tirai.

Bagi Anda yang sangat sibuk, tirai jenis roll blinds dan vertical blinds dapat dijadikan pilihan. Tirai jenis ini sangat mudah perawatannya. “Harganya memang tidak murah, tetapi kalau Anda tidak memiliki passion untuk memelihara rumah, maka hal tersebut menjadi pilihan yang cukup masuk akal.”

Dia mengatakan beberapa hal yang penting untuk dijadikan pertimbangan adalah pemilihan warna, motif, dan bahan tirai.

Dari sisi pemilihan warna, Anda harus memperhatikan unsur lain seperti warna dinding, lantai dan atap rumah. Warna tirai yang Anda pilih dapat dikombinasikan dengan warna dinding atau lantai. Contohnya, jika warna dinding putih, maka dapat menggunakan tirai berwarna krem. Pilihan lain, Anda dapat menggunakan warna turunan seperti coklat, coklat muda, dan seterusnya.

“Jika Anda ingin memberikan kesan lebih fun, maka dapat memilih tirai berwarna cerah. Jika Anda ingin hunian lebih natural maka dapat memilih warna tirai yang hijau. Sementara itu, warna pink akan berkesan dimanjakan. Biru dan abu-abu lebih ke warna maskulin,” jelasnya.

Terkait pemilihan motif pada tirai, maka dapat disesuaikan dengan minat penghuni. Jika Anda menyukai tradisi maka dapat memilih tirai bermotif batik, sedangkan jika Anda menyukai penampilan yang maskulin, dapat memilih tirai dengan motif kotak atau garis.

“Untuk yang umum saat ini banyak menggunakan motif floral, seperti daun, bunga. Namun, jika ingin tampilan rumah lebih modern, maka dapat menggunakan motif garis atau bidang yang lebih santai dan fun.”

Meskipun, pilihan motif dapat disesuaikan dengan keinginan pemilik rumah, tetapi Indra menganjurkan agar tidak terlalu berlebihan dalam memilih motif tirai. Motif tirai yang terlalu ramai atau berlebihan akan mengurangi fokus pandangan terhadap interior hunian.

Selain pemilihan warna dan motif, hal lain yang harus diperhatikan adalah bahan pembuat tirai. Jika harus menggunakan bahan yang polos, usahakan agar menggunakan jenis bahan yang rapi. “Hindari bahan yang kelihatan tidak rapi. Pilih bahan yang mengikuti lipatan vertikal tirai.”

Pemilihan bahan menjadi penting agar penghuni rumah dapat menyesuaikan dengan kemampuan dan waktu perawatan tirai.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
rumah, Desain Interior

Editor : Diena Lestari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top