PENYALAHGUNAAN PARACETAMOL CAFEIN CARISOPRODOL : Ini Manfaat dan Catatan Tentang Carisoprodol

Berbicara tentang Carisoprodol tak akan lepas dari catatan tentang penyalahgunaan meprobamate dan obat relaksasi otot lainnya. Kasus tersebut sempat menjadi perhatian besar pada tahun 1950-an dan 1960-an.
Saeno | 14 September 2017 15:08 WIB
Ilustrasi: Berbagai Merek Obat Mengandung Carisoprodol - google

Bisnis.com, JAKARTA - Berbicara tentang Carisoprodol tak akan lepas dari catatan tentang penyalahgunaan meprobamate dan obat relaksasi otot lainnya. Kasus tersebut sempat menjadi perhatian besar pada tahun 1950-an dan 1960-an.

Berdasar informasi di laman emedexpert.com, Carisoprodol dikembangkan tahun 1950 oleh Dr. Frank M. Berger di laboratorium Wallace berdasarkan pada meprobamate. Pengembangan itu diharapkan menghasilkan obat yang bisa memiliki sifat relaksasi otot yang lebih baik, lebih sedikit potensi penyalahgunaan, dan lebih aman dalam overdosis daripada meprobamat.

Pada studi farmakokinetik awal dengan menggunakan model anjing menunjukkan bahwa carisoprodol dimetabolisme menjadi hidroksi-carisoprodol. Metabolisme carisoprodol menjadi meprobamate dijelaskan pada tikus pada tahun 1969. Namun, hanya setelah deskripsi keracunan carisoprodol pada tahun 1976, diketahui bahwa carisoprodol sebagian besar dimetabolisme menjadi meprobamat pada manusia.

Ada sejumlah kekhawatiran mengenai carisoprodol, karena itu disetujui untuk pemasaran sebelum FDA mewajibkan keselamatan dan kemanjuran dibuktikan dalam studi klinis.

Pada 12 Desember 2011, DEA mengeluarkan keputusan akhir yang menempatkan substansi carisoprodol ke dalam Schedule IV dari Controlled Substances Act (CSA).

FDA menyetujui indikasi carisoprodol ini sebagai tambahan untuk istirahat, terapi fisik, dan tindakan lain untuk menghilangkan ketidaknyamanan yang terkait dengan kondisi muskuloskeletal akut dan menyakitkan.

Relaksan Otot

Carisoprodol disebutkan sebagai relaksan otot terpusat yang sering diresepkan untuk nyeri punggung. Dalam beberapa penelitian,  Carisoprodol ternyata lebih unggul dibandingkan plasebo dalam mengurangi kekakuan, meningkatkan pergerakan, dan mengarah pada perbaikan umum.

Dalam studi banding Carisoprodol lebih baik daripada propoxyphene dalam mengurangi kekakuan dan meningkatkan pergerakan.

Pada studi komparatif lainnya, efek Carisoprodol lebih tinggi dari diazepam karena menghilangkan gejala nyeri punggung bawah yang akut.

Studi double blind yang membandingkan Carisoprodol, butabarbital, dan plasebo, telah menunjukkan keefektifan Carisoprodol dalam pengobatan sindrom nyeri pinggang rendah.

Carisoprodol ditemukan jauh lebih efektif dalam memberikan pereda nyeri subyektif dan perbaikan objektif pada rentang gerak saat dievaluasi dengan jari ke lantai pengujian.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa efek Carisoprodol tidak sebanding dengan efek sedatifnya saja, namun juga terkait dengan aktivitas relaksan ototnya.

Senyawa Carisoprodol (carisoprodol / parasetamol / kafein) disebutkan dapat mengurangi rasa sakit, memperbaiki tidur, dan meminimalkan rasa sakit pada pasien dengan fibromyalgia.

Potensi Penyalahgunaan

Carisoprodol meski disebut dapat menjadi relaksan otot yang potensial dan efisien, tidak mahal, dan memiliki efek terapeutik yang cepat - mengurangi gejala menyakitkan dalam 30 menit, ternyata berpotensi terjadi penyalahgunaan dan ketergantungan obat-obatan terlarang.

Pada tahun 2000, Drug Abuse Warning Network menilai Carisoprodol sebagai obat yang paling banyak disalahgunakan ke-20, lebih tinggi dari oxycodone dan methadone.

 Carisoprodol juga disebutkan dapat mengganggu kemampuan mental dan fisik yang diperlukan untuk kinerja tugas yang berpotensi berbahaya seperti mengemudi.

Carisoprodol adalah relaksan otot yang tidak secara langsung melemaskan otot rangka yang tegang pada pria.

Meskipun tidak dipahami dengan baik, mekanisme tindakan pada manusia mungkin terkait dengan sifat sedatifnya, baik secara langsung maupun tidak langsung, melalui efek meprobamat.

Tag : obat, kesehatan
Editor : Saeno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top