KESEHATAN: Deteksi Dini Masih Menjadi Tantangan

Deteksi dini masih menjadi tantangan Indonesia dalam menyikapi darurat kesehatan masyarakat.
Kurniawan A. Wicaksono | 19 September 2017 20:53 WIB
Pelayanan puskesmas di daerah. - Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA – Deteksi dini masih menjadi tantangan Indonesia dalam menyikapi darurat kesehatan masyarakat.

Menteri Kesehatan Nila Moeloek mengatakan, kemampuan melakukan deteksi dini masalah kesehatan masih menjadi tantangan saat ini. Padahal, jika deteksi dini dapat dilakukan, respons cepat untuk mencegah dan menanggulangi penyakit pun bisa dijalankan.

Oleh karena itu, menurutnya, seluruh instansi di pusat dan daerah perlu melakukan langkah dan upaya agar tantangan ini dapat disikapi dengan tepat. Hari ini, Kemenkes resmi melakukan simulasi kesiapsiagaan pandemi influenza A H7N9.

'”Saya berharap agar simulasi yang kita laksanakan minggu ini bermanfaat bagi kita semua dalam memahami kelebihan dan kekurangan kita untuk melaksanakan kesiapsiagaan dalam menghadapi kedaruratan kesehatan masyarakat,” ujarnya, seperti dikutip dalam laman resmi Kemenkes, Selasa (19/9/2017)

Keberhasilan upaya deteksi dini ini sangat ditentukan oleh kelancaran proses komunikasi dan kerjasama antar instansi pemerintah dan seluruh lapisan masyarakat. Selain itu ketersediaan sumber daya – termasuk dana serta sarana-prasarana yang berkualitas – juga berperan.

Tag : kemenkes, kesehatan masyarakat
Editor : Yusuf Waluyo Jati

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top