Kiat Sukses Wamen ESDM Arcandra Tahar

Mungkin Anda pernah melihat bagaimana mendiang Steve Jobs melakukan presentasi produk terbaru dari Apple. Dengan gaya yang khas, remot kontrol di tangan, secara luwes dirinya menyampaikan produk tersebut kepada publik.
Ilman A. Sudarwan | 10 November 2017 07:07 WIB
Wakil Menteri ESDM Arcandra Tahar memberikan sambutan saat pemaparan proyek Micro Hydro, di Jakarta, Kamis (5/10). - JIBI/Abdullah Azzam

Bisnis.com, JAKARTA - Mungkin Anda pernah melihat bagaimana mendiang Steve Jobs melakukan presentasi produk terbaru dari Apple. Dengan gaya yang khas, remot kontrol di tangan, secara luwes dirinya menyampaikan produk tersebut kepada publik.

Hal yang serupa terjadi di Jakarta pada Kamis (9/11/2017) di Jakarta. Dalam sebuah diskusi, Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya (ESDM) Mineral Indonesia Arcandra Tahar menyampaikan presentasi yang sungguh menarik penonton.

Gayanya mirip sekali dengan apa yang dilakukan oleh Steve Jobs. Dengan presentasi sederhana dan kalimat-kalimat indah Arcandra memotivasi setiap orang yang datang ke acara mengenai sumber daya manusia tersebut.

Bersama dua pembicara lain, yakni mantan Duta Besar Indonesia untuk Amerika Serikat Dinno Patti Djalal dan sutradara Hollywood asal Indonesia, Livi Zheng mereka membagi kiat sukses menjadi orang Indonesia di luar negeri.

Arcandra yang berkuliah di Amerika Serikat, punya berbagai hak paten di dunia oil & gas, mengatakan kunci sukses terletak pada efisiensi dalam bekerja.

"Apakah kita mampu menyelesaikan beban tugas dengan seefisien mungkin, itu adalah kunci suksesnya. Bagaimana kemudian orang lain akan melihat kinerja kita," jelasnya.

Punya nama besar di luar negeri, Arcandra Tahar tak mau terlena dan lupa Indonesia. Meski secara keilmuan, serta secara pengalaman internasional sudah sangat tinggi, dia tetap merasa harus kembali ke Indonesia.

Mengabdi pada negara menurut Arcandra adalah bagian dari pengalaman yang tak terbatas sebagai manusia. Mungkin seseorang bisa berhenti dalam satu titik pendidikan, satu titik jabatan, tapi satu titik pengalaman menurutnya tidak ada ujungnya.

Akhirnya Arcandra memilih kembali ke Indonesia, mengabdi kepada negara.

"Ada masanya kita bekerja untuk diri sendiri, ada masanya kita bekerja untuk orang lain, ada masanya kita bekerja untuk negara, jadi saya pulang. Insya Allah itu adalah masa-masa saya ingin bekerja untuk negara saya."

 

 

Tag : Tips Karir
Editor : Nancy Junita

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top