U2 dan Guns N’Roses Meraup Cuan Terbesar Sepanjang 2017

Grup band asal Irlandia, U2, dan Guns N'Roses meraup cuan paling banyak yang dihasilkan dari tur dunia mereka pada 2017.
David Eka Issetiabudi | 30 Desember 2017 16:02 WIB
Vokalis U2, Bono - Reuters

Bisnis.com, JAKARTA—Grup band asal Irlandia, U2, dan Guns N'Roses meraup cuan paling banyak yang dihasilkan dari tur dunia mereka pada 2017.

Kedua bintang rock lawas ini, mengalahkan sejumlah  daftar nama beken, seperti Coldplay, Bruno Mars, Celine Dion dan Lady Gaga.

Dilansir dari Reuters, U2 tercatat meraup pundi senilai US$316 juta dari tur konser ulang tahun ke-30 bertajuk Joshua Tree. Guns N'Roses sendiri meraih US$292,5 juta.

Data yang dihimpun dari publikasi Pollstar tentang 20 tur teratas 2017 ini, juga menunjukkan Bank Inggir Coldplay mendapatkan US$238 juta dan menempatkannya di peringkat ketiga.

Sementara itu, Bruno Mars, solis keturunan Puerto Riko dan Filipina ini, meraup US$200 juta. Nama Ed Sheeran mencuri perhatian karena menjadi pemusik termuda yang tercatat dalam 10 besar tur teratas 2017 dengan pendapatan senilai US$124,1 juta.

Untuk pemusik wanita sendiri, bukan nama Tailor Swift yang muncul, tetapi Celine Dion yang menempati peringkat ke-11 yang meraup US$101,2 juta, sementara tur Lady Gaga bertajuk "Joanne" berhasil menghimpun pendapatan senilai US$85,7 juta dan menempatkannya di posisi 15.

Dari 20 peringkat teratas tur musik dunia 2017 ini, tercatat berhasil mengumpulkan cuan senilai US$2,66 miliar pada 2017, atau membuat rekor baru dari tahun lalu dengan selisih US$264 juta.

Dari paparan data Pollstar ini, tampak berbeda jika merujuk penjualan musik dan preferensi streaming di Amerika Serikat. Berdasarkan data Nielsen Music pada Juli lalu, musik hip hop dan R and B menjadi genre musik yang paling banyak dikonsumsi.

Daftar peringkat yang dicatat oleh Pollstar didasarkan pada data penjualan tiket dan tidak termasuk pendapatan lain, seperti marchendise, yang dianggap memberikan porsi yang cukup besar dalam pendapatan konser mereka. (Reuters)

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
konser musik

Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top