Tampilkan Pesohor Indonesia, Vanessa van Houten Gelar Pameran Fotografi Free All

Fotografer kelahiran Amerika Serikat Vanessa van Houten menggelar pameran fotografi bertajuk Free All di Art:1. Menariknya, pada pameran yang berlangsung di Jalan Rajawali Selatan Raya, Kemayoran, Jakarta, pada 24 Februari - 18 Maret foto-foto yang disajikan memuat wajah sejumlah publik figur Tanah Air.
Dika Irawan | 26 Februari 2018 16:06 WIB
Pameran Foto Free All - Jibi/Dika Irawan

Bisnis.com, JAKARTA - Fotografer kelahiran Amerika Serikat Vanessa van Houten menggelar pameran fotografi bertajuk Free All di Art:1.

Menariknya, pada pameran yang berlangsung di Jalan Rajawali Selatan Raya, Kemayoran, Jakarta, pada 24 Februari - 18 Maret foto-foto yang disajikan memuat wajah sejumlah publik figur Tanah Air.

Foto-foto tersebut bagian dari buku bertajuk Here*Now karya Vanessa yang diluncurkan berbarengan dengan pameran ini. Beberapa figur publik yang berpartisipasi antara lain Ananda Sukarlan, Kaka Slank, Ridho Slank, Ivanka Slank, Jay Subiyakto, dan Ayla Dimitri. 

Butuh waktu setahun bagi Vanessa untuk mengerjakan buku ini. Waktu tersebut dia gunakan untuk mengumpulkan orang-orang dari beragam latar belakang. Tidak hanya publik figur, tetapi juga orang biasa dilibatkan dalam proyek ini.  “Saya ingin menampilkan inner beuaty mereka,” tuturnya, Senin (26/2/2018).

Saat proses pemotretan, Vanessa meminta para modelnya untuk mengenakan pakaian favoritnya mereka dan kain putih rancangan desainer Chitra Subiyakto. Kolaborasinya dengan Chitra, Vanessa mengusung tema Sejauh Mata Memandang untuk menampilkan kekayaan kain nusantara dan mendekatkannya kepada publik.

Dalam pameran ini, Vanessa mempercayakan proses kurasi kepada Jay Subiyakto dan Oscar Motuloh. Mereka menyeleksi foto-foto dari buku Here*Now untuk dipamerkan. Berkat sentuhan dua fotografer senior itu, karya-karya yang ditampilkan terlihat lebih variatif dan interaktif.

Vanessa lahir di San Rafael, California, Amerika Serikat pada 1971. Ketertarikannya terhadap foto membawa Vanessa untuk mengambil studi fotografi di University in Dortmund, Jerman. Kemudian dia melanjutkan studinya di New York untuk belajar di jurusan The Anthology Film Archives. 

Karya seri fotografinya telah dipamerkan di sejumlah tempat. Sebagai direktur film, karyanya telah diputar di sejumlah layar.Kini, dia tinggal di Indonesia dan berkarya di Jakarta. 

 
Tag : fotografi
Editor : Bambang Supriyanto

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top