Yunita Kosasih Sisipkan Benih Kehidupan Dalam Koleksi Ready To Wear

Rei atau jiwa sama dengan benih kehidupan. Hal tersebut juga dapat diartikan sebagai seluruh kehidupan batin manusia yang terdiri atas perasaan, pikiran, dan juga angan-angan.
Asteria Desi Kartika Sari | 28 Maret 2018 08:05 WIB
Koleksi ready to wear Yunita Kosasih - Asteria Desi

Bisnis.com, JAKARTA-- Rei atau jiwa sama dengan benih kehidupan. Hal tersebut juga dapat diartikan sebagai seluruh kehidupan batin manusia yang terdiri atas perasaan, pikiran, dan juga angan-angan.

Berdasarkan mitos Jepang, dikatakan saat jiwa atau yang disebut reikon meninggalkan tubuh, make mereka akan menunggu hingga ritual pemakaman dilaksanakan dengam benar, agar mereka dipercaya dapat menjadi pelindung keluarganya.

Guna merefleksikan konsep tersebut, desainer Yunita Kosasih menampilkan koleksi busana ready to wear dengan aplikasi warna pastel seperti off white, grey, light blue, untuk melambangkan kebingungan saat jiwa meninggalkan tubuh. Warna pastel tersebut dipilih untuk menampilkan kesan suram.

"Ada sentuhan kontemporer dibuat dengan ciri khas yang kuat namun tetap dengan detail etniknya dengan pemakaian kain tradisional," katanya.

Untuk menunjukan kesan etnik atau memberikan napas budaya Indonesia, Yunita menggunakan kain lurik.

Lebih detail, dia mengatakan pemakaian drapery dan fabric manipulation pleats digunakan untuk melambangkan kebingungan saat jiwa meninggalkan tubuh.

Kesan semakin kuat dengan penggunaan Obi dengan teknik yang merupakan menjadi ciri khas dari koleksi Yunita Kosasih.

 

Tag : fashion
Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top