Siswa mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di SMAN 2 Surabaya, Jawa Timur, Senin (10/4)./Antara-Zabur Karuru
Health

Anak Stres Jelang Ujian? Berikut Hal yang Harus Diwaspadai

Mia Chitra Dinisari
Sabtu, 31 Maret 2018 - 06:16
Bagikan

2. Tanda-tanda Stres Yang Perlu Anda Waspadai

Selalu khawatir

Seorang anak yang berada di bawah tekanan ujian akan terus khawatir. Jika Anda melihat anak Anda peduli tentang ujian dan bagaimana hal itu akan memengaruhi masa depan mereka sepanjang waktu, sekarang saatnya untuk melakukan sesuatu.

Selalu tegang

Jika anak Anda tampak tegang sepanjang waktu, kemungkinan besar itu disebabkan oleh stres

Sakit Perut Dan Sakit Kepala

Tubuh dan pikiran anak tidak dilengkapi dengan baik untuk menghadapi tekanan dan tekanan yang ekstrim. Jika terlalu banyak tekanan terus-menerus ditaruh pada mereka, itu akan dimanifestasikan sebagai penyakit fisik dan ketidaknyamanan seperti sakit perut dan sakit kepala.

Tidak Nyaman Tidur

Jika Anda memperhatikan bahwa anak Anda belum tidur nyenyak di malam hari, Anda harus bertanya pada diri sendiri apakah itu karena stres. Jika anak Anda tidak cukup tidur, itu akan mempengaruhi studinya, mendorongnya lebih jauh ke dalam stres dan ketegangan.

Iritasi

Seringkali, stres muncul sebagai iritasi terhadap orang lain. Jika anak Anda yang biasanya baik dan penuh kasih telah memaki Anda atau telah bersikap kasar kepada saudara-saudaranya belakangan ini, Anda harus tahu bahwa itu adalah karena tekanan.

Perubahan Dalam Nafsu Makan

Ketika sedang tertekan, nafsu makan adalah salah satu hal pertama yang terpengaruh. Beberapa anak menanggapi stres dengan perasaan tidak enak pada makanan. Ada orang lain yang merasa sangat lapar di bawah tekanan juga. Kedua perubahan perilaku ini tidak sehat dan harus diperiksa segera setelah diketahui.

Hilangnya Minat Dalam Aktivitas Yang Mereka Cintai

Anak-anak memiliki satu kegiatan yang mereka sukai. Ini bisa berupa video game, musik, seni dan kerajinan tangan atau apa pun yang benar-benar mereka sukai.
Jika Anda memperhatikan bahwa anak Anda tidak terlibat dalam kegiatan yang ia sukai lagi atau tidak menikmatinya seperti sebelumnya, Anda harus menyadari bahwa ada sesuatu yang salah.

Selalu Negatif Dan Suasana Buruk

Jika anak Anda tiba-tiba menunjukkan pandangan negatif terhadap dunia dan tampaknya selalu dalam suasana hati yang buruk, itu bisa jadi karena tekanan semakin meluas kepadanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro