Siswa mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di SMAN 2 Surabaya, Jawa Timur, Senin (10/4)./Antara-Zabur Karuru
Health

Anak Stres Jelang Ujian? Berikut Hal yang Harus Diwaspadai

Mia Chitra Dinisari
Sabtu, 31 Maret 2018 - 06:20
Bagikan

3. Cara Membantu Anak-Anak Anda Saat Mereka Mempersiapkan Ujian

Pastikan Anak Anda Makan Makanan Sehat

Seperti disebutkan sebelumnya, nafsu makan adalah salah satu hal pertama yang dipengaruhi oleh stres dan ketegangan. Anak itu mungkin menghindari makan sama sekali atau Anda mungkin menemukan dia sering makan junk food.

Salah satu dari kebiasaan ini tidak baik untuk anak Anda. Jika anak menolak untuk makan, pastikan membujuknya untuk makan dengan jumlah makanan yang sesuai. Jika anak Anda mengonsumsi satu ton junk food, pastikan untuk membuang semua makanan sampah dari rumah. Sebagai gantinya, berikan anak Anda camilan sehat seperti buah dan sayuran. Ingat bahwa kelebihan soda, cokelat, manisan, dan makanan cepat saji akan meningkatkan iritabilitas dan kemurungan anak Anda.

Terapkan waktu tidur yang benar

Anak Anda pasti sudah mempersiapkan ujian ini untuk waktu yang lama. Jadi, semalaman di hari sebelum ujian tidak akan berguna bagi mereka. Menghabiskan malam untuk tidur malam yang nyenyak akan jauh lebih bermanfaat. Mereka akan kurang stres keesokan harinya dan akan memiliki kepala yang jelas yang siap untuk menghadapi ujian.

Mengutamakan Apa yang Penting

Ketika anak Anda menjalani ujian, beberapa hal harus disisihkan. Jangan khawatir tentang tugas-tugas di sekitar rumah yang perlu dilakukan atau pertemuan masyarakat yang diharapkan Anda hadiri. Ujian akan segera berakhir dan kemudian, Anda dapat kembali hidup juga.

Bantu Mereka Dimana Dibutuhkan

Tanyakan kepada anak Anda apa yang dapat Anda lakukan untuk membantu mereka. Anda dapat melakukan bagian Anda dengan mengubah rumah menjadi lingkungan belajar yang baik. Dapatkan tabel waktu belajar mereka dan atur mereka kertas ujian yang dapat mereka pecahkan.

Lakukan ini hanya jika anak Anda membutuhkannya dan meminta Anda untuk melakukannya. Motivasi anak Anda dan biarkan dia tahu bahwa Anda selalu ada untuk membantunya dengan cara apa pun yang dibutuhkan.

Bicara Kepada Mereka Tentang Stres

Jika Anda merasa bahwa anak Anda tidak dapat mengatasi stres dengan baik, luangkan waktu untuk berbicara dengannya tentang hal itu. Bantu dia merasa nyaman dengan membiasakan diri dengan hal-hal yang akan terjadi pada hari ujian.

Salah satu hal yang dapat Anda lakukan adalah membawanya ke ruang pemeriksaan. Memberi dia kertas pertanyaan dari beberapa tahun terakhir untuk dipecahkan, yang akan membantunya merasa percaya diri untuk menghadapi ujian.

Meminta Mereka Untuk olahraga

Kebanyakan orangtua membatasi waktu untuk permainan dan latihan fisik selama waktu ujian. Sebaliknya, dorong anak Anda untuk bermain di luar selama satu jam setiap hari. Minta dia untuk melakukan kegiatan seperti berlari, joging, berenang, atau aktivitas fisik apa pun yang dia sukai. Melakukan hal itu akan membantu menghidupkan kembali tekanan dan dia akan memiliki kepala yang jernih ketika dia kembali ke studinya.

Tidak Berkontribusi Terhadap Tekanan

Hal ini terlihat bahwa sebagian besar tekanan pemeriksaan diendapkan di rumah. Secara sadar atau tidak sadar, orang tua cenderung menaruh banyak tekanan pada anak-anak mereka. Sebagai orang tua, Anda harus bebas stres dan harus berusaha tidak memproyeksikan ketakutan Anda kepada mereka.

Nilai rendah dalam ujian bukanlah akhir dari dunia. Cobalah untuk tidak mengkritik mereka karena kesalahan mereka dan mendorong mereka di setiap langkah persiapan mereka. Setelah pemeriksaan selesai, Anda tidak perlu banyak membicarakannya. Apa yang terjadi, terjadilah. Cobalah untuk mengawasi ujian berikutnya.

Beri Mereka Hadiah

Anda tidak perlu membuat suguhan mahal atau boros. Hal-hal sederhana seperti memasak hidangan favorit mereka atau membiarkan mereka menonton film akan membangkitkan semangat mereka.

Melakukan hal itu akan memberi tahu mereka bahwa Anda melihat kerja keras mereka dan memberi mereka imbalan terlepas dari hasilnya. Ini akan memotivasi mereka untuk bekerja lebih keras dan berhasil.

Kapan Anda Harus Berbicara Dengan Profesional Untuk Membantu? Stres sering terjadi selama ujian; tetapi harus pergi ketika ujian selesai. Jika anak Anda menunjukkan kemurungan, lekas marah, atau tampaknya depresi bahkan setelah ujian, Anda harus berbicara dengan seorang profesional dan mendapatkan bantuan yang dibutuhkan anak Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro