Ilustrasi/Usseek
Health

Lebih Anggun Pakai Sepatu High Heels, tetapi Bisa Fatal bagi Jantung

Yoseph Pencawan
Jumat, 27 April 2018 - 21:33
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Mengenakan sepatu bertumit tinggi atau high heels bagi banyak wanita memang akan terlihat lebih anggun sehingga sering dikenakan pada momen-momen penting, seperti menghadiri resepsi atau acara formal lainnya.

Dokter Spesialis Toraks dan Kardiovaskular di RS Pondok Indah, Achmad Faisal, mengungkapkan pemakaian sepatu high heels berpeluang memberikan dampak yang sangat tidak baik terhadap kondisi tubuh.

"Memakai sepatu high heels terlalu lama menjadi salah satu faktor risiko terkena varises," ujarnya, belum lama ini.

Dia menjelaskan, setidaknya ada tujuh faktor yang menjadi risiko mengalami varises. Yakni pertambahan usia, berjenis kelamin perempuan, memiliki faktor keturunan, kelebihan berat badan (obesitas), berdiri terlalu lama, duduk terlalu lama, serta pemakaian sepatu high heels yang terlalu lama juga.

Varises merupakan kondisi pembuluh darah yang membesar dan timbul, paling sering muncul di kaki dan telapak kaki. Bisa berupa kaki bengkak, urat kebiruan di kaki, urat vena berbelok-belok, luka di kaki atau kaki sering terasa "kemeng' (pegal).

"Jika tidak ditangani, varises dapat menyebabkan peningkatan rasa sakit, pembengkakan dan peradangan pada pembuluh darah."

Penggumpalan darah dapat terbentuk di vena dalam dan dapat menyebabkan penyumbatan aliran darah kembali ke jantung. Penggumpalan darah tersebut dapat terlepas dan mengikuti aliran darah yang dapat berpotensi menjadi emboli paru yang sangat fatal.

Emboli paru merupakan kondisi ketika arteri pulmonalis (pembuluh darah yang membawa darah dari jantung menuju paru-paru) mengalami penyumbatan dan biasanya akibat gumpalan darah yang berasal dari kaki.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Yoseph Pencawan
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro