Ingin Berinvestasi Properti? Kenali Dulu Ciri-ciri “Sunrise” Properti

Investasi properti tidak semudah yang dibayangkan, tentu ada banyak faktor yang harus diperhitungkan, salah satunya adalah penentuan lokasi properti untuk berinvestasi.
Nur Faizah Al Bahriyatul Baqiroh | 24 Mei 2018 13:17 WIB
Properti di Jakarta - Reuters/Darren Whiteside

Bisnis.com, JAKARTA -- Investasi properti tidak semudah yang dibayangkan, tentu ada banyak faktor yang harus diperhitungkan, salah satunya adalah penentuan lokasi properti untuk berinvestasi.

Berbicara tentang lokasi, dalam industri properti ada istilah yang dikenal dengan sunrise properti, yakni sebuah area atau kawasan yang memiliki potensi yang menjanjikan untuk investasi properti.

Untuk itu sebelum Anda memutuskan membeli properti, ada baiknya Anda mengenal ciri-ciri dari 'sunrise' properti.

Berikut ini adalah ciri-ciri 'sunrise' properti dari Lamudi.co.id;

1. Daerah berkembang

Salah satu ciri sebuah area akan menjadi wilayah sunrise properti adalah daerah tersebut sedang berkembang, hal ini dapat dilihat perkembangan demografi, jika kawasan tersebut menjadi tempat tujuan arus manusia, maka potensi pembangunan di area tersebut akan berkembang.

2. Infrastruktur

Infrastruktur menjadi tulang punggung perkembangan properti di suatu daerah, karena akan mempermudah aktivitas masyarakat. Untuk itu, salah satu ciri sebuah kawasan yang dikatakan ‘sunrise’ properti adalah jika tempat tersebut banyak dibangun infrastruktur.

3. Perkembangan harga tanah

Ciri lainnya adalah kenaikan harga tanah, jika harga tanah di suatu daerah mengalami kenaikan harga di atas 20%. Kenaikan harga tersebut bisa terjadi karena banyaknya peminat yang ingin membeli properti di daerah tersebut.

4. Kawasan tua tapi stabil

Tidak semua area ‘sunrise’ properti merupakan kawasan atau area baru, kawasan tua pun bisa juga dikategorikan sebagai kawasan ‘sunrise’ properti jika kebutuhan properti di daerah tersebut masih tinggi atau masih stabil.

Contohnya kawasan Kebayoran Baru, banyak pemilik rumah di daerah tersbeut mengubahfungsi properti menjadi ruko untuk disewakan kembali.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
properti

Editor : Nancy Junita

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top