Mural "Perempuan Memegang Bola" di Moskow Tuai Kontroversi

Sebuah fasad bangunan 12 lantai di Moskow menampilkan mural raksasa yang menuai kontroversi. Di sana tergambar perempuan berambut pirang yang tengah memegang bola, dan dia adalah Daria, istri dari Direktur Novatek Art Ivan Panteleev.
Aprianus Doni Tolok | 05 Juli 2018 17:19 WIB
Direktur Novatek Art Ivan Panteleev dan istrinya Daria - Reuters

Bisnis.com, MOSKOW - Sebuah fasad bangunan 12 lantai di Moskow menampilkan mural raksasa yang menuai kontroversi. Di sana tergambar perempuan berambut pirang yang tengah memegang bola, dan dia adalah Daria, istri dari Direktur Novatek Art Ivan Panteleev.

Mural tersebut dibuat oleh dua seniman Thailand yang diundang oleh Pemerintah Rusia terkait Piala Dunia.

Ivan yang ditugaskan untuk menyajikan sesuatu yang menarik guna memeriahkan Piala Dunia berinisiatif membuat mural dengan istrinya sebagai model yang kemudian dikerjakan oleh dua seniman Thailand.

Keberadaannya yang tidak menampilkan sosok pesepakbola menjadi pemicu kemarahan sejumlah pihak. Padahal, pendanaan untuk fasad bangunan di distrik Zhulebino berasal dari anggaran Kota Moskow. Mural itu kemudian diresmikan sebelum Piala Dunia 2018 dimulai yakni pada 14 Juni.

Seperti dikutip dari Reuters, seorang direktur galeri seni Anna Nistratova menyindir Ivan dalam akun Facebook-nya bahwa dia sangat cemburu karena Daria memiliki suami yang menjadikannnya objek mural.

Menanggapi banyak kritik dan sindiran, Daria Panteleeva membela diri.

"Jika seorang artis atau penyelenggara ditugaskan untuk melukis seorang 'wanita Rusia berambut pirang dengan bola', siapa yang peduli bahwa wanita tersebut memang sosok terkenal atau orang asing?" ujarnya melalui media sosial.

Sumber : Reuters

Tag : rusia
Editor : Nancy Junita

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top