Duta Baca Indonesia Najwa Shihab Mengisi Acara The Reader Fest di Gedung Tjipta Niaga, Kota Tua, Jakarta pada Jumat (5/10/2018)/ Bisnis-Eva Rianti
Relationship

Lima Tips Menumbuhkan Minat Baca dari Najwa Shihab

Eva Rianti
Jumat, 5 Oktober 2018 - 21:55
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Kebiasaan membaca seseorang berpengaruh besar terhadap minat baca. Namun memiliki kebiasaan membaca ini ternyata tidak mudah, perlu kemampuan dan konsistensi tersendiri yang diniatkan.

Duta baca Indonesia Najwa Shihab membagikan tips untuk menumbuhkan minat membaca. Semoga bisa Anda praktekkan. 

Pertama, nonaktifkan notifikasi media sosial (medsos). Kendati medsos menjadi salah satu cara untuk berinteraksi dan berbagi via dunia maya, namun tidak dapat dipungkiri bahwa medsos memiliki daya tarik yang kuat sehingga menimbulkan kecanduan dan mengalihkan perhatian. Ini bisa membuat konsentrasi membaca jadi terbelah.

Kedua, membaca rutin 30 menit sehari. Kalau enggak bisa satu waktu, ya dicicil, misal pagi 5 menit, siang 5 menit, terus malam 20 menit,” tuturnya di hadapan para audiens dalam acara The Readers Fest 2018 di Gedung Tjipta Niaga, Kota Tua, Jakarta, Jumat (5/10/2018).

Najwa menjelaskan bahwa membaca membutuhkan daya tahan. Daya tahan ini dinilai memerlukan skill yang dilatih.

Selayaknya berolahraga seperti sprinter yang membutuhkan kemampuan berlatih agar mampu berlari dengan kencang dan maksimal, maka membaca pun membutuhkan kemampuan berlatih, semakin sering dilatih daya tahan membaca akan semakin kuat.

“Ketiga, membaca apa saja. Biasakan diri membaca berbagai medium. Cari pengetahuan. Misalnya pagi baca Koran, siang baca tugas kampus, sore baca majalah, atau sesekali baca status medsos,” jelasnya.

Dia menjelaskan, jangan merasa membaca itu harus buku yang tebal. Cari buku yang betul-betul disukai dan tidak perlu merasa bersalah ketika tidak bisa menyelesaikan suatu buku karena itu bukan masalah, bersegeralah mencari buku-buku lain yang lebih disukai. 

Keempat, cari teman, sekitar lebih dari dua orang. Dari pertemanan ini buatlah kegiatan membaca dan diskusi. Biasanya, jika memiliki teman membaca seperti ini paling tidak akan saling mengingatkan perkembangan bacaan sudah sampai halaman berapa.   

Kelima, gunakan kesempatan membaca sebelum menonton film. Ini berlaku bagi buku-buku yang difilmkan. Membaca buku sebelum menonton film menjadi salah satu alasan untuk jatuh cinta pada membaca.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Eva Rianti
Editor : Sutarno
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro