Seorang ayah sedang membacakan buku bergambar untuk anak-anaknya/Tyack Health
Health

10 Manfaat Membaca Bagi Anak-anak dan Dewasa

Redaksi
Kamis, 7 Desember 2023 - 15:14
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Membaca memberikan banyak manfaat, terutama untuk menambah wawasan yang diperlukan.

Kegiatan membaca tidak hanya untuk pelajar dan mahasiswa saja, tetapi juga untuk orang dewasa bahkan orang-orang usia lanjut.

Sayangnya, kebiasaan membaca belakangan ini sudah mulai menurun bahkan mulai ditinggalkan. Alasannya beragam mulai dari kesibukan seseorang dengan kegiatannya, berkembangnya teknologi dan internet yang semakin mudah untuk mengakses informasi, dan lain sebagainya.

Dilansir dari Markham Public Library, ini 10 manfaat membaca bagi anak-anak dan orang dewasa:

1. Melatih Otak

Saat membaca, seseorang harus mengingat karakter dan pengaturan yang berbeda dalam cerita yang diberikan. Bahkan jika Anda sedang menikmati membaca buku, Anda harus mengingat detailnya sepanjang waktu yang Anda ambil untuk membaca buku. Oleh karena itu, membaca adalah latihan untuk otak Anda yang dapat meningkatkan fungsi memori.

2. Bentuk Hiburan 

Sebagian besar acara TV dan film populer didasarkan pada buku. Anda bisa menikmati hiburan dengan menenggelamkan diri dalam membaca.

3. Meningkatkan Konsentrasi dan Kemampuan untuk Fokus

Salah satu dampak buruk karena adanya teknologi adalah membuat seseorang menjadi malas. Sebab, hampir semuanya tersedia dengan mudah. Seseorang hampir tidak berusaha untuk fokus pada pemecahan masalah atau berkonsentrasi untuk membawa perbaikan.

Sementara membaca dapat membawa kembali kekuatan fokus dan konsentrasi yang hilang. Jika Anda merasa bahwa menggunakan teknologi modern menurunkan produktivitas kita, maka kembangkan kebiasaan membaca yang sehat setiap hari.

4. Meningkatkan Literasi

Buku memiliki kekuatan untuk meningkatkan kosakata Anda dengan memperkenalkan Anda pada kata-kata baru. Semakin banyak Anda membaca, semakin banyak kosakata Anda tumbuh, bersamaan dengan kemampuan Anda untuk berkomunikasi secara efektif. 

Selain itu, membaca meningkatkan keterampilan menulis dengan membantu pembaca memahami dan mempelajari gaya penulisan yang berbeda.

5. Meningkatkan Tidur

Dengan menciptakan rutinitas waktu tidur yang mencakup membaca, Anda dapat memberi sinyal kepada tubuh Anda bahwa sudah waktunya untuk tidur.

Teknologi membuat orang mengandalkan peningkatan waktu pada layar untuk melewati hari. Oleh karena itu, dengan menyisihkan ponsel Anda dan mengambil buku, Anda memberi tahu otak Anda bahwa saatnya untuk tidur.

Selain itu, membaca membantu Anda menghilangkan stres, melakukan kegiatan membaca sebelum tidur membantu menenangkan pikiran dan kecemasan bahkan meningkatkan kualitas tidur. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman:
  1. 1
  2. 2
Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro